Stres Bisa Muncul saat Berlibur, Hadapi dengan Trik Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 15 Desember 2019
Stres Bisa Muncul saat Berlibur, Hadapi dengan Trik Ini
Stres juga bisa melanda meski kamu tengah berlibur. (foto: pixabay/pexels)

properti

UMUMNYA orang berlibur karena ingin membebaskan diri dari tekanan atau stres. Namun, percayakah kamu bahwa ada sebagian orang lainnya yang justru malah merasa amat tertekan ketika liburan tiba. Ah, bagaimana bisa?

Faktanya, sebuah survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), menemukan bahwa 8 dari 10 perempuan di Amerika Serikat mengalami stres saat liburan. Penyebabnya beragam. Mulai dari kekhawatiran pengeluaran saat libur, bertemu dengan orang yang tak disukai, hingga kesepian karena berlibur sendiri.

Apakah kamu juga pernah merasakan yang sama? Berikut trik menghalau stres saat liburan.

1. Cari Teman

cari teman saat liburan
Liburan sendiri? Jangan takut, cari teman baru saja. (foto: pixabay/freephotos)

Berlibur sendiri amat mungkin akan bikin kamu merasa kesepian. Sebenarnya sih, kamu enggak perlu banyak teman untuk liburan seru. Banyak kegiatan liburan yang bisa saja kamu nikmati sendiri. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan liburan sebagai waktu untuk bereksplorasi dan mengenal orang baru.

Nah, daripada merenungi kesendirian, pergi jalan-jalan saja. Siapa tahu, dari sekian banyak orang baru yang kamu temui bisa jadi ialah jodohmu.

2. Tetap realistis

tetap realistis saat liburan
Bila rencana enggak berjalan mulus, tetap bergembiralah. (foto: pixabay/pasja1000)

Mungkin saja kamu punya banyak rencana yang ingin ditunaikan saat liburan. Semisal ingin menghabiskan liburan dengan kekasih. Namun, ketika rencana itu enggak terwujud, jangan bersedih.

Daripada bersedih, tetaplah berlibur. Bawa kekasih kamu lewat hubungan telepon atau video call.

3. Rencanakan anggaran dana liburan

anggaran dana liburan
Rencanakan bujet liburan dan disiplin dalam pengeluaran. (foto: pixabay/stevepb)

Salah satu biang stres saat liburan ialah bujet. Kekhawatiran bujet membengkak dan tagihan di belakang bikin pikiran kamu enggak tenang.

Solusinya, rencanakan semua hal yang akan Anda lakukan saat liburan. Mulai dari tempat, hingga anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Selain itu, kamu juga harus disiplin dan tegas terhadap dana yang sudah dianggarkan. Jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak ada dalam daftar. Banyak orang yang menyesal di kemudian hari karena tak bisa menahan diri ketika liburan tiba. Jadi, pastikan kalau semua sesuai dengan yang kamu rencanakan, agar liburan tetap menyenangkan dan bebas stres.

4. Tetap jalankan gaya hidup sehat saat liburan

jalankan gaya hidup sehat
Tetap berolahraga saat liburan biar enggak stres. (foto: pixabay/stocksnap)

Makan sembarangan saat liburan? Pikir dua kali deh. Kenaikan timbangan akibat makan enggak terkontrol saat liburan bisa bikin stres juga lo. Bahkan hingga berbulan-bulan setelahnya.

Oleh karena itu, tetaplah terapkan gaya hidup sehat selama berlibur. Atur asupan makanan kamu. Usahakan tetap berolahraga. Bisa dengan lari-lari kecil seputar hotel atau yoga di pinggir pantai.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

me time
Penting banget, meluangkan waktu untuk diri sendiri. (foto: pixabay/digaita)

Liburan memang lebih menyenangkan dihabiskan bersama orang-orang terdekat, tapi jangan lupakan untuk menyediakan waktu bagi diri sendiri. Waktu khusus untuk kamu habiskan sendirian tanpa gangguan orang lain.

Tak perlu lama, jika jadwal liburan kamu padat. Kamu bisa mencuri waktu sendiri hal sederhana seperti meditasi atau berjalan-jalan di sekitar tempat liburan dan menikmati waktu sendiri.(*)

properti
#Kesamber Desember
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan