Stres Bisa Bikin Kamu Tambah Gendut! Ini Penjelasan Ilmiahnya Stres bisa menyebabkan bertambahnya berat badan (Foto: Pixabay/geralt)

STRES sejatinya merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya sebuah tekanan. Tekanan biasanya muncul dari pekerjaan, beban ekonomi ataupun masalah percintaan.

Ketika seseorang merasa stres, maka tubuhnya akan merasa seperti tengah diserang. Dimana tubuh akan mengeluarkan berbagai hormon, guna mengatasi stres.

Seperti yang disampaikan oleh penulis buku The Stress of Life, Hans Selya, kondisi tersebut bisa menyebabkan dampak berbahaya.

"Jika kondisi stres berjalan dalam waktu yang lama, bisa memberikan dampak serius, bahkan kematian," ucap Hans Selye, seperti yang dilansir dari laman boldsky.

Berat badan bisa naik akibat stres. (Foto: Pixabay/publicdomainpictures)

Selain Hans Selye, sejumlah peneliti pun mengatakan, jika stres merupakan salah satu alasan kenaikan berat badan pada kebanyakan orang di seluruh dunia.

Baca juga: 'Workaholic', Ini Langkah Mudah Redakan Nyeri Pada Leher dan Pundak

Karena, ketika sedang stres, seseorang mungkin akan kehilangan nafsu makannya. Akan tetapi ketika mengalami stres kronis, sesorang bisa makan berlebihan. Hal itu disebabkan ketidakseimbangan hormon tubuhnya, yang mengakibatkan seseorang selalu merasa lapar.

Disaat kamu stres, tubuh kamu pun akan menciptakan hormon stres atau hormon kartisol. Yang bisa meningkatkan insulin dalam tubuh kamu.

Setelah itu, peningkatan insulin tersebut akan menurunkan tingkat gula darah pada tubuh kamu. Hal tersebut mengakibatkan tubuh menginginkan untuk mengonsumsi makanan berlemak dan manis.

Jangan biarkan stres berlarut-larut menghantuimu. (Foto: Pixabay/ryanmcguire)

Jika kamu mengonsumsi pada jumlah yang wajar atau secukupnya, tak menjadi masalah. Namun apabila kamu mengonsumsinya berlebihan, tentu akan membuat tubuh kamu tidak sehat.

Baca juga: Deretan Makanan yang Membuatmu Awet Muda, Jangan Lihat Nomor 4

Untuk mengatasi stres sendiri ada banyak cara. Antara lain yaitu berolahraga, hang out bersama teman-teman, menjaga pola makan, menekui hobi dan masih banyak lagi.

Jadi jika enggak mau berat badan kamu naik, jangan sampai kamu stres berlarut-larut yah guys! (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH