Streetwear, Dari Gerakan Protes ke Industri Miliaran Dari gerakan antikemapanan dan antiarus utama, streetwear ternyata berkembang lebih jauh ke arah bisnis miliaran dolar dan malah menjadi arus utama. (Pixabyte)

STREETWEAR adalah gaya pakaian yang mulai populer pada dekade 1980-an. Gaya ini berasal dari para penggemar musik hip-hop dan punk serta anak-anak muda penyuka olahraga skateboard dan selancar. Gaya ini dianggap menunjukkan karakter anak-anak muda : kebebasan dan kesantaian.

Meski terbilang santai dan sederhana, streetwear berkembang sebagai industri pakaian bernilai miliaran dolar. Ini berkat ulah Shawn Stussy, seorang peselancar kelahiran California, Amerika Serikat. Dia awalnya hanya iseng menulis namanya di papan selancar, baju, celana, dan topi. Banyak orang menyukai desainnya sehingga dia mulai menyeriusi produknya dan membuatnya jadi komersial.

Shawn Stussy, pelopor streetwear
Shawn Stussy, seorang peselancar kelahiran California, Amerika Serikat. Dia awalnya hanya iseng menulis namanya di papan selancar, baju, celana, dan topi. (Pinterest/@hypebeast)

Selain Shawn, James Jebia juga ikut mempopulerkan streetwear di New York, dia pendiri jenama Supreme. Sedangkan di Jepang terdapat Hiroshi Fujiwara dan Nigo. Keduanya disc jockey dan desainer yang membangun jenama pakaian yang dikenal dengan A bathing Ape.

Baca juga:

Tips Tampil Dewasa dengan Streetwear

Orang-orang itu berandil menyebarkan pengaruh streetwear ke berbagai pelosok bumi. Bagi kaum muda, streetwear bukanlah sekadar fenomena budaya, melainkan sebentuk gerakan protes terhadap jenama pakaian konvensional atau tradisional. Jenama-jenama itu menjual pakaian kelewat mahal bagi banyak anak-anak muda yang ingin tetap keren. Karena itu, muncullah gerakan streetwear. Keren tak harus mahal, itulah kredo anak-anak streetwear.

"Jenama-jenama pakaian tradisional tak akan memberikan banyak pilihan kepada kelompok musisi atau bintang olahraga sehingga mereka tidak punya pilihan selain membuat gaya dan definisi sendiri tentang gaya berpakaian. Juga tentang apa arti fesyen bagi mereka," catat laman vocast.com

Dari gerakan antikemapanan dan antiarus utama, streetwear ternyata berkembang lebih jauh ke arah bisnis miliaran dolar dan malah menjadi arus utama. Merk-merk seperti Stussy dan Supreme menjadi yang paling banyak dicari.

Perkembangan streetwear juga ditandai dengan masuknya jenama-jenama pakaian ternama seperti Adidas dan Nike. Mereka merambah pasar streetwear sehingga mengerek harganya menjadi lebih mahal dari semula.Eksklusivitas seperti edisi terbatas dan hasil kolaborasi menjadi salah satu taktik penjualan yang bertujuan untuk mempromosikan perasaan unggul bagi konsumen. Bahkan tak jarang karena kelangkaannya, barang tersebut bisa dijual kembali dengan dengan harga yang lebih fantastis.

Baca juga:

2020, Tahun Mati Gaya buat Streetwear

Hal tersebut membuat streetwear berbeda dibandingkan kebanyakan genre fesyen lainnya karena pertumbuhannya tak didorong oleh merek, melainkan oleh keinginan dan pencarian konsumen.

Pada dasarnya, streetwear merupakan pakaian sederhana dan mengutamakan kenyamanan seperti kaos dengan hoodie. Adanya edisi terbatas membuat streetwear terasa lebih modis.

Karakteristik lain streetwear adalah adanya kombinasi antara pakaian kerja dan olahraga. Selain itu, ada pula unsur seni kontemporer yang dihasilkan dari kolaborasi dengan seniman terkemuka.

streetwear mengutamakan kenyamanan
Pada dasarnya, streetwear merupakan pakaian sederhana dan mengutamakan kenyamanan seperti kaos dengan hoodie. (Unspalsh/Akhillincoln)

Sejumlah desainer busana kemudian memberikan beberapa tips kepada penyuka streetwear yang ingin selalu tampil keren. Pertama, mereka harus membeli sepatu kets karena sepatu kets seringkali menjadi bagian terpenting dan termahal, Kedua, loyalitas terhadap satu merek saja.

Ketiga, berani mix and match, misalnya kaos polos dipadukan dengan jaket denim atau lainnya. Keempat, jadilah diri sendiri karena sejatinya streetwear mendorong seseorang untuk menjadi dirinya sendiri.

Pada 2010-an, Complex Magazine menobatkan Stüssy, Supreme, dan A bathing Ape sebagai merek pakaian streetwear terbaik. Sampai saat ini streetwear pun masih sangat digemari oleh kalangan anak muda. (nab)

Baca juga:

8 Item Streetwear Hype Minggu Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hidup Senang dengan Hormon Kebahagiaan
Fun
Hidup Senang dengan Hormon Kebahagiaan

Tingkatkan hormon kebahagiaan pada tubuh kamu.

Waspada ISPA saat Musim Hujan
Fun
Waspada ISPA saat Musim Hujan

ISPA akan meningkat pada orang yang sistem kekebalannya lemah.

Ketahuan Bilang OTW Padahal Masih Rebahan, Begini Konter Akal-Akalannya!
Hiburan & Gaya Hidup
Ketahuan Bilang OTW Padahal Masih Rebahan, Begini Konter Akal-Akalannya!

Apakah kamu pernah tecyduck bohong pas bilang sudah otw padahal masih mandi?

Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia
ShowBiz
Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia

Elon Musk dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes

Aku Berjuang Melawan Demam Panggung saat Bertanding
Fun
Aku Berjuang Melawan Demam Panggung saat Bertanding

Demam panggung ialah tantangan dalam hidup yang harus aku lewati.

Kucing Ternyata Psikopat
Fun
Kucing Ternyata Psikopat

Bisakah hewan menjadi psikopat juga?

Waspada, Aplikasi Antivirus Gratisan Bisa Bikin Ponsel Rentan Diretas
Hiburan & Gaya Hidup
Waspada, Aplikasi Antivirus Gratisan Bisa Bikin Ponsel Rentan Diretas

Waspada bahaya dibalik aplikasi antivirus gratisan, ponsel kamu bisa rentan dibobol peretas

Pinkfong Siap Luncurkan Koleksi Kedua NFT Baby Shark
Fun
Pinkfong Siap Luncurkan Koleksi Kedua NFT Baby Shark

Set koleksi NFT kedua Baby Shark dari Pinkfong.

Atasi Masalah Kulit dengan Makanan dan Bukan Obat
Fun
Atasi Masalah Kulit dengan Makanan dan Bukan Obat

Makan lebih banyak biji-bijian dan kacang-kacangan, serta mengurangi gula, akan membuat kulitmu jauh lebih sehat.

Puteri Indonesia 2022 Siap Bangkitkan Pariwisata Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Puteri Indonesia 2022 Siap Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Puteri Indonesia 2022 berjanji akan membangkitkan pariwisata serta perekonomian lokal sebagai tugas pertamanya