Strategi Zainudin Peserta Bandung Great Run 10K Pecahkan Rekor Zainudin (31) (kanan) saat Bandung Great Run 10K, Kota Bandung, Minggu (29/5). (Foto: MerahPutih/Sopian Rizal)

MerahPutih Olahraga – Zainudin (31), peserta Bandung Great Run 10K 2016 asal Semarang mengaku telah memecahkan rekor untuk dirinya sendiri dengan berlari 10 km dengan waktu tempuh 1 jam. Pada olahraga lari 10 km sepuluh tahun lalu di Kota Semarang, Zainudin tidak mencapai waktu seperti di kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI) di Kota Bandung ini.

"Kebetulan saya sedang lanjut S2 di Bandung, saya tertantang untuk mengikuti lari 10K. Hasilnya luar biasa. Saya bisa menempuh waktu 1 jam. Sebelumnya saya mengikuti di Semarang namun mencapai lebih dari 1 jam,” ujar Zainudin, Minggu (29/5).


Bandung Great Run 10K. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)


Zainudin mengikuti Bandung Great Run 10K melalui stan informasi yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ia sangat menyukai mantan atlet pebulu tangkis Rudi Hartono. Sosok Rudi Hartono tidak ada duanya baginya. Ia mengatakan bahwa Rudi Hartono bisa memenangkan All England selama 7 kali karena rajin berolah raga lari. Menurutnya kunci kemenangan Rudi Hartono adalah karena rajin olahraga lari.

"Kalau kita sudah start lari, jangan mau berhenti, terus saja lari. Nikmati saja larinya. Kalau berhenti susah lagi untuk memulai lagi,” jelas Zainudin dengan bangga menceritakan strategi keberhasilannya berlari sejauh 10 km.


Bandung Great Run 10K. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Menurut Zainudin, kunci keberhasilannya itu bukan terletak pada persaingan yang ketat. Ia mengatakan bahwa kunci keberhasilannya terletak pada diri sendiri. Ia melihat banyak peserta Bandung Great Run 10K yang tidak bisa mencapai 10 km. Kegagalan itu disebabkan peserta tersebut sudah kalah melawan dirinya sendiri.

“Peserta yang ikut sekitar 4.500, lawan kita bukan atlet atau yang lainnya. Lawan kita adalah diri sendiri. Tidak mudah menaklukkan diri sendiri untuk bisa lari sejauh 10 km. Pokoknya saya harus sampai finis,” tandasnya.

Zainudin berharap, tahun depan akan diadakan lagi kegiatan Bandung Great Run 10K. (Zal)

BACA JUGA:

  1. Suasana Kemeriahan YOI Bandung Great Run 10K
  2. Ajang YOI Bandung Great Run 10K Diikuti Ribuan Peserta
  3. Masyarakat Karawang Antusias Ikuti Surya Fun Run 2016
  4. Ridwan Kamil Ajak Anak Muda Ikut YOI Bandung Great Run 10K
  5. Ayo Gabung di YOI Bandung Great Run 10K


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH