Selebritas

Stop Stigma AIDS, Billy Porter Ungkap 14 Tahun Hidup dengan HIV

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 21 Mei 2021
Stop Stigma AIDS, Billy Porter Ungkap 14 Tahun Hidup dengan HIV
Porter didiagnosis pada 2007 dan sejak itu dia "hidup diam-diam dalam rasa malu". (Foto: metroweekly.com)

PEMAIN serial televisi Pose, Billy Porter mengungkapkan mengidap HIV selama 14 tahun terakhir. Bintang AS itu didiagnosis pada 2007 tetapi ia merahasiakannya kepada orang sekitar.

Ia tidak mau orang tahu ia mengidap HIV karena takut direndahkan. "(HIV) cara lain bagi orang-orang untuk mendiskriminasi saya yang memiliki profesi dalam bidang yang diskriminatif," jelasnya.

Baca juga:

Bintang Hollywood Ini Menolak Adegan Mesra dengan Lawan Main, Apa Alasannya?

Porter mengungkapkan itu dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter (19/5), dan kemudian menekankan "Jangan lagi ada lagi stigma, mari kita hentikan itu. Sudah waktunya."

Aktor 'Pose' itu berada di karpet merah pada Brit Awards pekan lalu di London. (Foto: abcotvs.com)

Porter mendapatkan ketenaran dari panggung Broadway dengan memenangkan Tony Award untuk perannya dalam Musical Kinky Boots pada 2013. Kemudian dia memenangkan Emmy pada 2019 atas perannya sebagai Pray Tell, seorang MC di kancah ballroom New York 1980-an dalam drama TV populer arahan sutradara Ryan Murphy. Dia juga mendapatkan nominasi Golden Globes untuk aktor drama TV terbaik tahun 2019 dan 2020.

"Saya adalah generasi yang seharusnya lebih tahu (tentang HIV), tapi itu terjadi juga," katanya tentang mengapa dia bisa tertular HIV.

"Rasa malu saat itu ditambah dengan rasa malu [yang telah terakumulasi] dalam kehidupan, membungkam saya. Saya telah hidup dengan rasa malu itu dalam keheningan selama 14 tahun. HIV-positif, di tempat saya berasal, tumbuh di gereja Pantekosta dengan keluarga yang sangat religius, merupakan hukuman Tuhan," dia bercerita.

Porter memutuskan untuk mempublikasikannya sekarang karena menurutnya sudah waktunya. Bahkan, sampai saat ini orang tuanya belum tahu ia mengidap HIV. Akhirnya ia memberanikan diri membongkar rahasianya itu kepada orang tuanya melalui telepon.

Baca juga:

Berkat COVID-19, Ilmuwan Bisa Temukan Vaksin Kanker dan HIV

Dia mempublikasikan penyakitnya sekarang karena sudah waktunya dan rasa malu itu merusak. (Foto: bbc.com)

"Kamu telah membawa ini selama 14 tahun? Jangan pernah melakukan ini lagi. Aku ibumu, aku mencintaimu apa pun yang terjadi. Dan saya tahu, dulu saya tidak mengerti, tapi sekarang sudah puluhan tahun lewat," kenang Porter menggambarkan percakapannya dengan sang ibu lewat telepon.

Dalam dunia medis modern, orang dengan HIV sudah dapat hidup lama dan sehat. "Seperti inilah rupa HIV-positif sekarang," kata Porter.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency (imunodefisiensi) Virus. Imunodefisiensi adalah melemahnya sistem kekebalan oleh virus. Jika tidak diobati dapat menyebabkan HIV atau AIDS stadium lanjut.

Namun, sekarang ada perawatan obat yang sangat efektif yang memungkinkan kebanyakan orang dengan virus untuk hidup lama dan sehat. Pengobatan modern ini mengurangi viral load ke tingkat tidak terdeteksi, yang berarti seseorang tidak dapat menularkan HIV dan kesehatannya terlindungi. (aru)

Baca juga:

Vaksin Merah Putih Bisa Produksi Massal Akhir 2021

#HIV/AIDS #Selebritas #Penyakit
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan