Stop! Jangan Lakukan 4 Kegiatan Ini Setelah Makan!

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 09 Februari 2020
Stop! Jangan Lakukan 4 Kegiatan Ini Setelah Makan!
4 Hal yang tak boleh dilakukan setelah makan. (Pexels:Adrienn)

ASUPAN makanan jadi sumber energi penting bagi tubuh. Salah makan bahkan bisa berakibat buruk dan tak jarang membuat tubuh jadi sakit. Selain perlu memperhatikan asupan, kamu juga harus memilih kegiatan setelah makan.

Terkadang, seseorang hanya mementingkan kegiatan memakan namun alpa berkegiatan setelahnya. Melakukan kegiatan setelah makan juga tak bisa sembarangan. Bisa jadi hal itu malah kontraproduktif dengan kebutuhan tubuh.

Mengutip laman Health Xchange dan Times of India, ada beberapa kegiatan seharusnya tidak dilakukan setelah makan karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Mau tau apa saja hal yang tak boleh dilakukan setelah makan? simak berikut ini!


Tidur

Tidur
Tidur setelah makan akan menganggu kesehatan (pexels:pixabay)


Hampir semua orang pasti pernah merasa ngantuk setelah makan. Terkadang rasa kantuk tak bisa ditahan sehingga orang akan memilih untuk langsung tidur. Namun, apakah kamu tahu bahaya dari tidur setelah makan? jika tidur pada saat perut dalam kondisi kenyang, hal ini bisa memicu rasa panas di dada (heartburn) dan bisa menyebabkan asam lambung. Selain itu, tidur setelah makan akan mengganggu proses pencernaan karena makanan yang telah dimakan tidak dapat dicerna dengan baik.



Merokok

Rokok
Merokok setelah makan akan memberikan dampak negatif pada tubuh (pexels:Irina Iriser)

Bagi perokok aktif, tentunya merokok sehabis makan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Perlu kamu ketahui, vitamin dan nutrisi dalam makanan, tidak akan berfungsi atau tidak terserap dengan baik oleh tubuh jika kamu merokok setelah makan. Jadi, sebanyak apapun memakan makanan kaya akan vitamin dan nutrisi, tidak memberikan dampak positif bagi tubuh kamu.


Mandi

Mandi
Mandi setelah makan akan mengganggu sistem metabolisme tubuh (pexels:pixabay)

Tubuh memerlukan proses untuk mencerna makanan. Dengan begitu, tubuh memerlukan sistem metabolisme yang baik agak proses pencernaan makanan bisa lancar. Sementara itu, pada saat mandi suhu tubuh akan naik, kemudian membuat sistem kerja metabolisme tubuh akan menurun dan dapat menganggu proses pencernaanmu.



Minum teh

Teh
Minum teh setelah makan bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh (pexels:freestock)

Biasanya saat makan di luar, kebanyakan orang Indonesia akan memesan es teh manis untuk menghilangkan dahaga setelah makan. Namun, apakah kamu tahu, minum teh panas maupun dingin akan memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu?

Hal ini disebabkan asam tannic dalam teh bisa mempengaruhi kandungan protein dan zat besi dalam makanan. Seturut itu, minum teh setelah makan dapat mengganggu penyerapan mineral dan zat besi bagi tubuh. (bel)

#Cara Makan #Kesehatan
Bagikan
Bagikan