Selebritas
Stop Asian Hate, Sejumlah Selebritas AS Ikut Buka Suara Penembakan di Atlanta, Georgia memicu gelombang demonstrasi. (Foto: theguardian)

SETELAH penembakan yang terjadi di Atlanta, Georgia, selebritas bintang Hollywood, sutradara, atlet, hingga komedian AS menggunakan platform mereka untuk mengadvokasi melawan rasisme anti-Asia dalam tagar #StopAsianHate.

Pada 16 Maret, delapan orang (termasuk enam perempuan keturunan Asia) dibunuh di tiga panti pijat di daerah Atlanta. Robert Aaron Long yang berusia 21 tahun telah ditangkap dan didakwa dengan delapan tuduhan pembunuhan.

Insiden tersebut adalah contoh terbaru dalam gelombang kejahatan rasial baru-baru ini terhadap orang-orang Asia, yang mengarah ke diskusi baru seputar rasialisme anti-Asia yang sistemik serta demonstrasi secara global.

Hate crime meningkat di AS sebesar 150% pada 2020, kemungkinan didorong sebagian oleh penggunaan frasa rasis oleh mantan Presiden Trump untuk menggambarkan COVID-19. Namun rasisme anti-Asia dan supremasi kulit putih telah tertanam dalam sejarah Amerika selama berabad-abad.

Baca juga:

Sandra Oh Turun ke Jalan, "Saya Bangga Menjadi Orang Asia"

Selebritas AS keturunan Asia terus berbicara menentang rasialisme di tengah meningkatnya kekerasan anti-Asia. Mereka melantangkan suara, memeriksa pengalaman mereka sendiri dengan rasisme dan mengajak orang untuk bertindak. Berikut di antaranya.

1. Lana Condor

stop asian hate
Bintang film trilogi To All The Boys meminta fans-nya 'bangkit'. (Foto: cheatsheat)

Bintang film trilogi To All The Boys itu turun ke Twitter untuk mendesak para pengikutnya untuk 'bertindak'. "Teman-teman dan keluarga Asia kamu sangat ketakutan, ngeri, mual dan sangat marah. Tolong silakan cek kondisi kami, tolong berjuang bersama kami," cicitnya via Twitter. Lana menambahkan, pacarnya Anthony De La Torre takut bila dia pergi ke salon kuku, "Ini bukan dunia yang harus kita tinggali."

Lana terus berbicara selama beberapa hari terakhir, “kamu tidak tahu rasa sakit kami, saya bahkan hampir tidak dapat memproses rasa sakit, amarah, ketakutan, rasa sakit saya sendiri ... tetapi yang saya tahu adalah bahwa kata-kata cinta dan dukungan Anda membuat saya tetap bertahan dan bahkan mungkin berharap untuk masa depan."

2. Jeremy Lin

stop asian hate
Jeremy Lin ikut menyuarakan gerakan #StopAsianHate. (Foto: usa today)

Pebasket Santa Cruz Warriors Jeremy Lin yang pada awal tahun ini berbicara tentang pengalamannya tentang rasisme di NBA, sempat putus asa saat mendengar kabar korban penembakan di Atlanta. "Ini sangat memilukan ... berdoa untuk dunia kita," tulis Lin.

Ia menambahkan, "Untuk keluarga Asia-Amerika saya, mohon luangkan waktu untuk berduka tetapi ketahuilah bahwa kamu dicintai, dilihat, dan PENTING. Kita harus tetap berdiri, berbicara, bersatu bersama dan berjuang untuk perubahan. Kita tidak bisa kehilangan harapan!”

Jeremy Lin pada Februari 2021 sempat menyinggung pengalamannya sendiri dengan rasisme di lapangan termasuk yang terjadi selama pertandingan. "Sesuatu sedang berubah pada generasi Asia-Amerika ini. Kami lelah diberitahu bahwa kami tidak mengalami rasisme, kami lelah diberitahu untuk menundukkan kepala dan tidak membuat masalah," tulisnya.

"Kami bosan dengan anak-anak Asia-Amerika yang tumbuh dan ditanya dari mana mereka BENAR-BENAR berasal, mata kami diejek, diobyektifkan sebagai eksotis atau diberi tahu bahwa kami pada dasarnya tidak menarik. Kami bosan dengan stereotip di Hollywood yang memengaruhi jiwa kami dan membatasi kami bisa menjadi apa. Kami lelah tidak dilihat, disalahartikan oleh kolega atau diberi tahu bahwa perjuangan kami tidak nyata," Lanjutnya.

Ia juga ingin ingin melakukan hal yang "lebih baik untuk orangtua saya yang bekerja sangat keras dan banyak berkorban untuk memulai hidup sendiri di sini. Saya ingin yang lebih baik untuk keponakan saya dan anak-anak masa depan."

3. Naomi Osaka

stop asian hate
Naomi Osaka menekankan lelucon rasialisme tidak lucu. (Foto: tennisworldusa)

Bintang tenis itu membuat pernyataan di Twitter untuk berbicara menentang meningkatnya serangan anti-Asia dan kurangnya liputan dan diskusi tentang masalah tersebut.

"Jumlah kebencian, rasialisme, dan tuduhan COVID terhadap komunitas Asia menjijikkan. Fakta bahwa topik ini tidak dibahas secara luas membuat saya khawatir. Saya hanya menemukan video dan informasi karena saya menelusuri feed IG saya dan dengan beberapa algoritme, hal itu muncul," tulis Osaka.

"Dan karena saya sedang bicara topik ini, mengatakan 'Ching Chong' dan 'shrimp fried rice' ketika berbicara tentang atau kepada orang Asia tidaklah keren. Kamu tidak lucu, itu bukan lelucon dan kamu sangat menyedihkan," tambahnya.

4. Olivia Munn

View this post on Instagram

A post shared by o l i v i a (@oliviamunn)

Pada Februari 2021, Munn menyerukan munculnya kekerasan terhadap orang Asia-Amerika di Instagram setelah ibu temannya diserang di New York dan dirawat di rumah sakit, yang membutuhkan 10 jahitan di kepalanya.

"Kejahatan rasialisme terhadap orang tua kita harus dihentikan. Kita akan menemukan orang ini. Ratu, Internet, tolong ... do your s--t. ????????," aktris itu menulis di samping foto tersangka. Pria itu kemudian ditangkap.

Ajakan untuk bertindak Munn datang satu minggu setelah dia berbagi permintaan 'bantuan' dalam perang melawan kejahatan rasialisme Asia-Amerika.

"Selama beberapa hari terakhir ini saya menemukan diri saya kehilangan kata-kata tentang meningkatnya kejahatan rasialisme anti-Asia," kata Munn, yang sejak itu berbagi lebih banyak berita tentang kejahatan rasial di seluruh negeri, "Serangan rasialisme, verbal dan fisik telah membuat komunitas saya (Asia-Amerika) takut untuk keluar."

Baca juga:

Berkaca dari Kasus George Floyd, Penting Tanamkan Toleransi pada Anak

5. Ronny Chieng

stop asian hate
Komedian Ronny Chieng kritik ujaran rasisme yang dikatakan Senator AS John Cornyn. (Foto: monocole)

Koresponden Daily Show mengirim pesan kepada Senator John Cornyn, yang mengklaim dalam konferensi pers bahwa budaya Tiongkok adalah penyebab beberapa virus karena itu adalah 'budaya di mana orang makan kelelawar & ular & anjing & hal-hal seperti itu'.

Chieng me-retweet klip dari konferensi tersebut, yang awalnya diposting oleh The Hill, dan menulis, "Hai @JohnCornyn 'Ini adalah budaya Tiongkok dan setiap penyakit berasal dari sana.' sebenarnya salah dan lebih buruk lagi adalah seruan yang jelas bagi para idiot untuk mengejar orang-orang yang terlihat seperti orang Asia."

Chieng menambahkan, "Ada anak-anak Asia di luar sini yang hanya mencoba untuk hidup seperti orang tolol yang sembrono."

6. Ashley Park

Dalam video Instagram yang berapi-api setelah penembakan di Atlanta, bintang Emily di Paris itu membuka tentang korban emosional yang disebabkan oleh kekerasan terhadap komunitas AAPI tahun ini dan seterusnya.

"Rasisme ini dimulai pada tingkat yang sangat kecil. Dimulai dengan hal-hal yang kamu katakan. Ini dimulai ketika seseorang menyebut virus yang mematikan seluruh dunia sebagai 'virus Kung Flu'. Ini juga dimulai ketika kamu meremehkan atau mengolok-olok pelayan Asia atau pengantar makanan China dan nail artist. Saya juga bersalah," Park berbagi persaannya.

"Berapa kali dalam hidup saya ketika saya ditanya dari mana saya berasal sebelumnya siapa nama saya ... Saya baik-baik saja tetapi kamu tidak mengerti - atau kamu benar-benar mengerti - itu meremehkan," katanya. Park mengakhiri video emosional tersebut dengan meminta orang lain untuk mengenali dan menghentikan kebencian rasialisme.

7. Chloe Zhao

Stop Asian Hate, Sejumlah Selebritas AS Ikut Buka Suara
"Kita semua hanya perlu belajar," ujar sutradara Chloe Zhao yang masuk nominasi Oscar. (Foto: thenationalnews)

Setelah membuat sejarah dengan dua kemenangan Golden Globe Awards, ia menjadi sutradara perempuan terbaik kedua dan sutradara terbaik wanita Asia pertama, Zhao dari Nomadland berbicara kepada wartawan tentang perasaannya atas serangan baru-baru ini di sekitar AS. "Benar-benar saling memandang dan menatap orang lain, Anda tidak dapat menyangkal mereka sebagai manusia," katanya.

"Kita semua hanya perlu belajar, mungkin kita perlu sedikit lebih berbelas kasih kepada diri kita sendiri. Terkadang saya merasa seperti orang yang sangat membenci ... hanya membenci diri sendiri. Saya pikir kita perlu saling pengertian, dan mencoba melihat dunia dari sudut pandang orang lain. Itu satu-satunya cara agar kita bisa bertahan hidup sebagai menusia," lanjut Zhao.

Dia menambahkan, rasanya "banyak orang hebat telah melakukan pekerjaan luar biasa di komunitas untuk meningkatkan kesadaran." (aru)

Baca juga:

Rasialisme Merupakan Penyakit Mental, Benarkah?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
2 Tim Indonesia Ikut Kejuaraan Dunia PUBG Mobile 2021
Fun
2 Tim Indonesia Ikut Kejuaraan Dunia PUBG Mobile 2021

Bigetron Red Aliens dan Genesis Dogma GIDS siap bertanding di kejuaraan dunia PUBG Mobile 2021.

Nintendo Switch Terbaru, Bagaimana Nasibmu?
Fun
Nintendo Switch Terbaru, Bagaimana Nasibmu?

Beredar kabar Nintendo Switch terbaru tidak akan digarap.

Jadi Pelaku Bullying, Ji soo Dituntut Rumah Produksi
ShowBiz
Makan Bunga Kembang Sepatu dan Rasakan Manfaatnya
Fun
Makan Bunga Kembang Sepatu dan Rasakan Manfaatnya

Bunga sepatu memiliki manfaat kesehatan tapi jangan dikonsumsi berlebihan.

Isyaratkan Album Baru, Japanese Breakfast Rilis Single ‘Be Sweet’
ShowBiz
Isyaratkan Album Baru, Japanese Breakfast Rilis Single ‘Be Sweet’

Japanese Breakfast telah mengumumkan album terbarunya bertajuk Jubilee.

Film Eternals Sudah Hadir di Disney Plus
ShowBiz
Film Eternals Sudah Hadir di Disney Plus

Film Eternals telah memperoleh Rp 2,35 triliun dalam pendapatan box office domestik

Mimpi Penyandang Disabilitas Perempuan Bekerja Formal Terwujud
Fun
Mimpi Penyandang Disabilitas Perempuan Bekerja Formal Terwujud

Penyandang disabilitas tetap bisa bekerja dengan formal.

Begini Cara Mengakali Masakan yang Terlalu Pedas
Fun
Begini Cara Mengakali Masakan yang Terlalu Pedas

Masakan terlalu pedas? Tambahkan bahan-bahan ini untuk mengatasinya.

Pangeran William dan Kate Middleton Rayakan Satu Dekade Pernikahan Lewat Sesi Foto Romantis
ShowBiz
Pangeran William dan Kate Middleton Rayakan Satu Dekade Pernikahan Lewat Sesi Foto Romantis

Duke and Duchess of Cambridge Inggris ini merilis dua potret yang diambil di istana Kensington minggu ini oleh fotografer Chris Floyd.

Lokasi Syuting 'Emily In Paris 2' yang Bisa Kamu Kunjungi
Fun
Lokasi Syuting 'Emily In Paris 2' yang Bisa Kamu Kunjungi

Lokasi syuting 'Emily in Paris' sangat indah.