Buku
Stephen King Berhenti Membuat Buku Horor? Dua novel terbaru Stephen King tidak bergenre horor. (Foto: Independent UK)

SELAMA hampir 50 tahun Stephen King dikenal banyak orang berkat larik-larik cerita menyeramkan. Puluhan buku horor buatanya lah yang membuat namanya dikenal sebagai salah satu penulis ternama dunia.

Ketika King mengumumkan bahwa dua novel terbarunya tidak akan bergenre horor, banyak penggemar yang jadi bertanya-tanya. Apakah keputusannya keluar dari zona nyaman ini sebuah pilihan yang tepat? Atau malah jadi suatu hal berisiko dalam rekam jejak kariernya?

Baca juga:

10 Film Adaptasi Terlaris dari Novel Horor Karya Stephen King

Sejak mempublikasian novel Carrie pada 1974 silam, King terus memberi asupan ketakutan, perasaan emosional, dan cerita mengunggah pada pembacanya. Sampai saat ini, penulis berusia 73 tahun itu telah menerbitkan 61 buku, belum termasuk koleksi cerita pendeknya.

Di 2021 ada penambahan dua proyek baru dari King bertajuk Later dan Billy Summers. Menariknya, keduanya tidak masuk dalam kategori horor.

Stephen King Berhenti Membuat Buku Horor?
Meski buku barunya tidak bergenre horor, King pasti akan tetap menyelipkan unsur supernatural dan sisi menyeramkan. (Foto: Screen Rant)

Meskipun dikenal sebagai 'King of Horror', King tidak pernah puas hanya dalam satu genre itu saja. Melansir laman ScreenRant, sebelumnya dia juga pernah menulis genre fantasi dan misteri semacam The Dark Tower, Joyland, dan The Colorado Kid. Ia sudah membuktikan bahwa walaupun bukan horor sekalipun, kejeniusannya sebagai seorang pengarang tetaplah sama.

Apalagi kisah non-horornya tetap mengandung banyak lapisan yang pada akhirnya juga menyinggung hal-hal mencekam. Jadi kemungkinan besar dua novel terbarunya ini akan tetap memiliki elemen horor atau supernatural khasnya King.

Menurut rencana, Later akan diterbitkan pada Maret 2021. Ceritanya mengikuti seorang anak laki-laki bermasalah bernama Jamie yang punya kemampuan unik. Dia terlibat dalam kasus seorang pembunuh yang mengancam akan menyerang dari luar kubur.

Sedangkan Billy Summers kabarnya akan dirilis pada Agustus 2021. Novel ini mengikuti kisah seorang dokter hewan militer yang kembali ke kehidupan sipil hanya untuk dikontrak menjadi seorang pembunuh yang hanya menargetkan orang jahat.

Baca juga:

Lagi, Karya Stephen King Diadaptasi Jadi Film Netflix

Stephen King Berhenti Membuat Buku Horor?
Novel non horor buatan Stephen King tetap banyak peminat dan justru menghasilkan karya yang orisinal. (Foto: AP Evan Agostini)

Melihat premisnya, sepertinya King sekali lagi akan menggabungkan unsur supernatural dengan kriminal klasik untuk memberikan pandangan baru dari kedua sudutnya.

Sebenarnya penulis asal AS itu sudah menulis banyak misteri detektif dan novel horor yang digerakan oleh kejahatan. Misalnya saja The Outsider yang merupakan perpaduan antara misteri pembunuhan dan horor yang berpusat di sekitar penyelidikan pembunuhan yang aneh.

Begitu pula dengan Carrie yang tetap menampilkan faktor kejahatan nyata karena seluruhnya diceritakan melalui bukti dan dokumentasi kasus Carrie White.

Oleh sebab itu, sepanjang kariernya King sudah membuktikan bahwa dirinya mampu memadukan genre berbeda. Dan hasilnya tetaplah terpajang di rak buku best seller toko buku seluruh dunia. Jadi walau Later dan Billy Summers mungkin tidak sepenuhnya masuk dalam golongan horor, itu bukanlah sebuah masalah.

Toh dalam beberapa tahun terakhir, sang penulis telah melahirkan sejumlah karya orisinal dengan keluar jalur genre utamanya. Lagipula dua buku baru dengan ide pembunuhan sepertinya akan tetap menyajikan banyak darah yang sayang dilewatkan penggemar horor. (sam)

Baca juga:

Film dan Serial TV Horor Adaptasi Novel Stephen King yang Paling Dinanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bayi Bisa Cepat Bicara dengan Cara Ini
Fun
Bayi Bisa Cepat Bicara dengan Cara Ini

Tidak sulit membuat bayi cepat bicara.

Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun
Fun
Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun

Selama pandemi banyak terselenggara wisata virtual baik gratis ataupun berbayar

Segmen MPV Jadi Mobil Terlaris Toyota di 2020
Fun
Segmen MPV Jadi Mobil Terlaris Toyota di 2020

Segmen MPV Toyota memberikan kontribusi terbesar dari keseluruhan jumlah penjualan Toyota , yakni sebanyak 57,6%

Audi Luncurkan Produk Anyarnya dengan Teknologi Baru
Fun
Audi Luncurkan Produk Anyarnya dengan Teknologi Baru

Audi hadirkan E-Tron S dan E-Tron S Sportback dengan teknologi baru.

Proyektor Tanpa Kabel, Praktis untuk Presentasi
Fun
Proyektor Tanpa Kabel, Praktis untuk Presentasi

Tak perlu ribet merapikan kabel sebelum presentasi.

48 Tahun God Bless, Single 'Mulai Hari Ini' Dirilis Ulang dengan Aransemen Baru
ShowBiz
48 Tahun God Bless, Single 'Mulai Hari Ini' Dirilis Ulang dengan Aransemen Baru

Single ini merupakan daur ulang dari single lama yang berjudul sama, namun dengan aransemen yang berbeda.

Onic Esports X Brodo Hadirkan Sneakers Edisi Spesial
Fashion
Onic Esports X Brodo Hadirkan Sneakers Edisi Spesial

ONIC Esports resmi meluncurkan koleksi limited edition sepatu #MelangkahBersama

Ajak Pindah ke Bali, Kristen Gray Dihujat
Hiburan & Gaya Hidup
Ajak Pindah ke Bali, Kristen Gray Dihujat

Langsung kena risak warganet.

Elizabeth Debicki Jadi Putri Diana di ‘The Crown’ Musim Kelima
ShowBiz
Sony Rilis Tema ‘Black Lives Matter’ di PlayStation 4
Fun
Sony Rilis Tema ‘Black Lives Matter’ di PlayStation 4

Beberapa perusahaan selain Sony juga mendukung gerakan Black Lives Matter.