Steinway Tower, Gedung Pencakar Langit 'Tertipis' di Dunia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 19 April 2022
Steinway Tower, Gedung Pencakar Langit 'Tertipis' di Dunia
Gedung pencakar langit 'tertipis' di dunia Steinway Tower (Foto: odditycentral)

STEINWAY Tower merupakan gedung apartemen mewah 84 lantai di Manhattan dengan rasio tinggi dan lebar 24:1. Gedung tersebut secara resmi dinobatkan sebagai gedung pencakar langit tertipis di dunia.

Steinway Tower merupakan pencapaian arsitektur mengesankan. Tidak sekadar gedung tertinggi ketiga di belahan Barat setelah One World Trade Center dan Central Park Tower, tapi juga menjadi gedung pencakar langit paling ramping di dunia.

Baca Juga:

Pria ini Pecahkan Rekor Lidah Terpanjang di Dunia

Meski berdiri setinggi 1.428 kaki, Steinway Tower hanya selebar 60 kaki. Gedung tersebut sangat tipis, hingga surat kabar The Guardian menjulukinya 'Pengaduk Kopi'.

Steinway Tower merupakan pencapaian arsitektur yang mengesankan (Foto: facebok i'am 2 NYC)

Meski Steinway Tower dibangun dari beton terkuat di dunia, secara teknis tidak kebal terhadap fenomena mempengaruhi hampir seluruh gedung pencakar langit bergoyang.

Seperti dijelaskan insinyur strukturan Rowan Williams Davis dan Irwin pada NY Times di tahun 2015, menara setinggi 1.000 kaki akan bergoyang beberapa inci di hari berangin biasa, dan dua kaki pada saat angin 100 mil per jam.

Steinway Tower juga dikenal sebagai menara pensil. Gedung pencakar langit super 'kurus' ini pertama kali menjadi populer di Hong Kong pada tahun 1970-an. Namun, sekarang menjadi arus utama di AS.

Baca Juga:

13,5 Detik, Rekor Pelayanan Restoran Tercepat

Meski menawarkan pemandangan indah dari lingkunan perkotaan, gedung mencakar langit ini juga bisa menjadi masalah. Seperti 432 Park Avenue Tower telah menjadi berita karena banyak keanehan dilaporkan banyak penghuninya.

Pada bulan September 2021, dewan kondominium menara menggugat pengembang lantaran gagal merancang serta membangun gedung dengan benar untuk ketinggian luar biasa hingga menyebabkan kebisingan dan getaran mengerikan serta menggangu di rumah. Tapi tidak satu pun dilaporkan di Steinway Tower.

Steinway Tower mungkin menyandang gelar gedung pencakar langit tertipis di dunia, tapi harga perumahan di gedung baru diresmikan tersebut terbilang cukup mahal. Khusus tipe apartemen studio dimulai dari USD 7,75 atau sekitar Rp111 miliar, dan untuk penthouse harganya sekitar USD 66 juta atau sekitar Rp946 miliar. (Ryn)

Baca Juga:

Seorang Pria Pecahan Rekor Dunia Untuk Sendawa Terkeras

#Gedung Pencakar Langit #Berita Unik #Viral
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan