Staycation, Liburan Menyenangkan

P Suryo RP Suryo R - Senin, 02 Oktober 2017
Staycation, Liburan Menyenangkan
Staycation cara berlibur tanpa ribet. (Foto: 1stforeverything)

MUNGKIN masih asing dengan istilah staycation, dalam Oxford Dictionary tertulis; “A holiday spent in one’s home country rather than abroad, or one spent at home and involving day trips to local attractions.”. Jika diterjemahkan secara bebas; "Kegiatan berlibur di dalam negeri atau di lingkungan tempat tinggalnya.".

Jika dimasukan dalam konteks Indonesia mungkin tepatnya adalah berlibur di dalam kota. Sebab di Indonesia sendiri banyak sekali destinasi berlibur yang layak dikunjungi.

Staycation masih dapat dikatakan berlibur dengan tidak banyak melakukan perencanaan yang rumit. Yang terpenting mendapatkan inti liburannya yakni beristirahat dan mendapatkan hal-hal baru yang menyenangkan.

Kegiatan berlibur ini relatif tidak mahal dan tidak membutuhkan perjalanan panjang yang melelahkan yang dapat berujung pada holiday blues. Terutama adalah perencanaan liburan yang terkadang sudah membuat seseorang malas melakukannya.

Staycation membuang semua keribetan sebelum dan setelah berlibur. Yang paling menyebalkan setelah berlibur, masih ada yang harus dilakukan. Seperti membongkar koper yang berisikan pakaian kotor, sekaligus membawanya ke tempat laundri kalau tidak mau mencuci sendiri. Kemudian harus beristirahat penuh setelah berlibur, ini menjadi sebuah kanehan lagi. Belum lagi diburu waktu untuk kembali bekerja padahal badan masih luluh lantak kelelahan.

Staycation memberikan kesempatan pada Anda untuk melihat lebih detil pada lingkungan kota Anda tinggal. Bisa jadi berwisata kuliner ke resto atau kafe yang belum pernah Anda datangi. Mengunjungi museum-museum yang ditulis di media massa atau sosial. Datangilah tempat-tempat yang belum pernah Anda datangi.

Bangkitkanlah jiwa petualangan Anda dengan mencoba moda transportasi umum. Tinggalkanlah mobil Anda di rumah, rasakan keseruan berada dalam transportasi umum. Bisa jadi Anda akan menemukan hal-hal baru yang seru.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan staycation. Hal-hal lama akan berubah menjadi baru. (psr)

#Liburan #Musim Liburan #Lelah Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan