Wisata

‘Staycation’ Jadi Pilihan Keluarga Selama Long Weekend

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 05 April 2021
‘Staycation’ Jadi Pilihan Keluarga Selama Long Weekend
Memilih untuk liburan di dekat rumah. (Foto: Unsplash/Rhema Kallianpur)

PERISTIWA Tri Hari Suci kemarin menjadi momen yang tepat karena sebagian orang merasakan libur panjang atau long weekend. Untuk melepas penat, Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Anton Sumarli mengatakan bahwa segmen pasar untuk liburan keluarga memilih staycation atau liburan di tempat yang dekat dengan tepat tinggal.

“Kami melihat, sasarannya lebih ke arah family. Untuk anak-anak muda ke hotel kayaknya tidak terlalu banyak. Keluarga lebih memilih melakukan staycation di hotel karena anak-anaknya bisa beraktivitas dan bermain seperti berenang dan having fun,” kata Anton mengutip ANTARA.

Selain menghabiskan waktu bersama keluarga, staycation dilakukan karena mereka ingin menikmati fasilitas hotel yang nyaman. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Anton berpendapat masyarakata mulai memilih downtown hotel. Buat kamu yang belum tahu, downtown hotel adalah jenis hotel yang justru berlokasi di pusat keramaian, yakni kawasan perdagangan dan perbelanjaan.

Baca juga:

Ciptakan Momen Liburan Tak Terlupakan dengan Staycation

‘Staycation’ Jadi Pilihan Keluarga Selama Long Weekend
Menikmati fasilitas hotel. (Foto: Unsplash/Alexander Kaunas)

“Untuk hotel yang diminati saat staycation, memang tergantung tempatnya. Kalau di kota besar seperti Jakarta, mereka lebih memilih menginap di downtown hotel di tengah kota, tempat yang nyaman utuk family. Apalagi sekarang hotel bintang empat ke atas tidak terlalu mahal dengan adanya berbagai promosi,” ujar Anton.

Melanjutkan di atas, potensi masyarakat melakukan staycation di libur panjang kali ini cukup tinggi dan cenderung akan mengalami lonjakan.

“Lonjakan staycation secara general pasti ada. Semua memilih liburan terbatas di sekitar, mengingat untuk bepergian ke luar negeri memiliki berbagai kebijakan seperti keharusan untuk karantina. Sehingga, masyarakat memilih untuk melakukan staycation di sekitar tempat mereka,” tuturnya.

Selain momen liburan pekan kemarin, staycation tampaknya akan dijadikan pilihan sebagai pengganti larangan mudik dari pemerintah. Dengan adanya vaksinasi bisa jadi memengaruhi keberanian masyarakat untuk staycation di tempat pilihan mereka.

Baca juga:

Staycation di Rumah Aja? Kenapa Enggak

‘Staycation’ Jadi Pilihan Keluarga Selama Long Weekend
Staycation diprediksi meningkat karena adanya larangan mudik. (Foto: Unsplash/Marten Bjork)

“Mungkin kondisi yang lebih baik kalau bicara staycation, mungkin ada sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani mengutip ANTARA.

Larangan mudik tahun ini akan membuat kondisi sama seperti libur lebaran tahun lalu. Ekspektasi daerah-daerah yang biasa menjadi daerah tujuan wisata untuk mendapat pemasukan akhirnya tidak terpenuh karena sumber pemasukan mereka berkurang. (and)

Baca juga:

Staycation di Hotel Mewah Cara Manjakan Diri di Akhir Tahun

#Wisata #Liburan #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan