Stasiun Ruang Angkasa Komersial Pertama NASA Akan Terealisasi Axiom Space diberi kontrak oleh NASA untuk menggarap proyek (Foto: elitetraveler)

ARSITEK berkebangsaan Prancis Philippe Starck, sekira 18 bulan lalu, merilis rendering desain bakal modul hunian untuk program wisata ruang angkasa pertama Axiom Space. Pada akhir Januari, NASA lantas memberikan kontrak kepada perusahaan Starck, dengan tugas menyediakan setidaknya satu modul hunian komersial untuk dipasang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Hal itu menjadi kisah awal terciptanya stasiun ruang angkasa komersial pertama di dunia.

Tujuan Starck menciptakan ruang aman, layaknya rahim menampilkan jendela besar dan dinding empuk dengan lampu nano-LED yang berubah warna bersamaan dengan pemandangan di luar angkasa. Ditambah dengan pegangan tangan untuk memudahkan manuver. "Visi saya adalah menciptakan telur nyaman, ramah, dan dindingnya begitu lembut dan selaras dengan nilai-nilai gerakan tubuh manusia dalam gravitasi nol," kata Starck di situs webnya. "Pelancong harus merasakan secara fisik dan mental aksi mereka saat mengambang di alam semesta."

Baca juga:

NASA Buka Lowongan Astronot untuk Pergi ke Bulan, Ini Persyaratannya

1
Pelancong dapat merasakan sensasi saat mengambang di alam semesta (Foto: scmp)

Rancangan Starck bertindak sebagai stasiun ruang angkasa independen ketika ISS dinonaktifkan. Modul Axiom akan menampung astronot profesional dan para penumpang pribadi, memungkinkan keduanya untuk hidup dan bekerja di ruang angkasa dalam lingkungan mikro gravitasi. Observatorium bumi berjendela 360 derajat itu akan menawarkan pemandangan kosmos tak terhalang, dan setiap ruangan akan meniru suasana hati dan bioritme penghuninya.

Baca juga:

Yuk Intip 4 Misi Antariksa Baru dari NASA

2
Penting bagi NASA untuk program jangka panjangnya (Foto: somagnews)

NASA berencana membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk kemitraan komersial dan pemasaran, terutama di orbit rendah bumi, dan "Pekerjaan aksioma untuk mengembangkan tujuan komersial di ruang angkasa adalah langkah penting bagi NASA untuk memenuhi jangka panjangnya. kebutuhan untuk pelatihan astronot, penelitian ilmiah, dan demonstrasi teknologi, "kata administrator NASA Jim Bridenstin.

Sementara itu, pandangan Starck sedikit lebih puitis. “Stasiun ruang angkasa diperintah oleh hukum dasar, yaitu gravitasi nol. Tidak seperti batasan kehidupan terestrial, kehidupan di luar angkasa adalah kebebasan multi-arah, ”katanya." Ruang angkasa adalah kecerdasan masa depan." (lgi)

Baca juga:

Virus Corona Meluas Hingga ke NASA

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH