Stasiun Luar Angkasa Internasional Rayakan Ulang Tahun ke-15 Stasiun Luar Angkasa Internasional. (Foto NASA)

MerahPutih Sains - Kemarin (2/11) NASA merayakan ulang tahun Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang ke-15. ISS pertama kali mengorbit di luar angkasa pada 1998 dan baru resmi beroperasi pada November 2000.

Wahana antariksa Soyuz milik Rusia menjadi yang pertama kali merapat ke ISS. Sejak saat itu ISS menjadi rumah kedua dan fasilitas penelitian bagi para astronot dan kosmonot dari lembaga antariksa seperti NASA, Roscosmos, ESA, JAXA, dan CSA.

Setiap ekspedisi di ISS akan berlangsung selama enam bulan. Selama itu lah astronot dan kosmonot melakukan berbagai hal seperti melakukan percobaan ilmiah, menanam sayuran, dan mengamati hewan yang dipelihara di ruang angkasa.

Sayangnya masa depan ISS sedang di ambang batas. Kabarnya pendanaan untuk ISS akan habis pada tahun 2024 dan tidak jelas apakah akan ada generasi kedua dari ISS.

Pada bulan Maret lalu sempat tersiar kabar bahwa Rusia dan Amerika akan berkolaborasi untuk membuat generasi kedua dari ISS, namun NASA kemudian membantah adanya kemitraan itu.

 

BACA JUGA:

  1. Penemuan Baru Terbentuknya Tata Surya
  2. Lithium-air, Baterai yang Menjanjikan
  3. PBB Rilis Penilaian untuk Batasi Perubahan Iklim
  4. Ditemukan Artefak Zaman Es di Jersey
  5. Asam Amino di Bulan Berasal dari Bumi


Fadhli