Stasiun KA Gambir dan Pasar Senen Berangkatkan 44 Ribu Lebih Pemudik Menurut data DAOP 1 PT. KAI, sejak pagi hingga pukul 12.00 Wib (11/6) Stasiun Pasar Senen telah memberangkatkan 19.517 penumpang dengan berbagai tujuan. Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sejumlah titik pemberangkatan pemudik mulai ramai terlihat, tak terkecuali di Stasiun Kereta Api Daops 1 Jakarta, Gambir dan Pasar Senen.

Berdasarkan keterangan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) 1 Jakarta Edy Kuswoyo, jumlah pemudik tahun 2018 belum menunjukan lonjakan yang cukup besar.

Dia mengatakan, pemudik yang berangkat dari jalur stasiun KA Daops 1 ini berkisar pada angka 20 ribu orang per harinya.

"Hari ini H-4 keseluruhan keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir ada 79 Kereta Api, yang terdiri dari 58 Kereta Api Reguler dan 21 Kereta Api Tambahan, dengan Volume Penumpang 44.820 penumpang, dari Pagi hingga malam hari," kata Edy saat di konfirmasi awak media, Senin (11/6).

Merahputih.com/Rizki Fitrianto

Dari jumlah keseluruhan itu, tercatat keberangkatan dari Stasiun Gambir sebanyak 45 Kereta Api, terdiri dari
32 Kereta Api Reguler dan 13 Kereta Api Tambahan dengan jumlah penumpang mencapai 20.011 orang.

Sementara dari Stasiun KA Pasar Senen ada 34 Kereta Api terdiri dari 26 Reguler dan 8 tambahan dengan jumlah penumpang mencapai 24.809 orang.

Meski demikian, dia mengkalim ada peningkatan jumlah pemudik di hari raya idul Fitri kali ini.

Delapan kereta api tambahan Lebaran yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dimaksudkan itu yakni dengan tujuan dua kereta api tujuan Kutoarjo, Surabaya Pasar Turi, Bandung, Blitar, Malang, Semarang Tawang, Lempuyangan dan Cirebon. Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Berdasarkan data yang dihimpun, pada musim mudik tahun 2017 Stasiun Gambir memberangkatkan jumlah penumpang per harinya berkisar pada angka 15 ribu orang. Sementara di Stasiun Pasar Senen pada angka 20 ribu orang per harinya.

"Angka ini meningkat sekitar 15-20 persen dibandingkan dengan tahun lalu," kata dia. (Fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH