Bagaimana Jika Starting XI Timnas Indonesia Diisi Pemain Naturalisasi? Begini Gambarannya Striker timnas Indonesia, Ilija Spasojevic. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Naturalisasi bukanlah yang tabu di olahraga khususnya sepak bola. Cristian Gonzalez menjadi pemain naturalisasi pertama yang memperkuat timnas Indonesia di ajang internasional.

Sejak saat itu, wabah pergantian status kewarganegaraan baik untuk kepentingan timnas atau klub mulai menguat. Dengan adanya naturalisasi, klub bisa menambah jumlah pemain asing di Liga.

Sayangnya, sejumlah para pemain yang memilih menjadi WNI sudah tergolong uzur. Mereka dinaturalisasi demi kepentingan klub semata dan karena telah memiliki istri asli Indonesia.

Bio Paulin
Bek naturalisasi, Bio Paulin. Foto: PT LIB

Dalam setahun, Indonesia telah melakukan naturalisasi empat pemain yakni Ezra Walian, Ilija Spasojevic, Ok John, Guy Junir, Alberto Goncalves, dan terakhir Esteban Vizcara.

Lalu, bagaimana jika para pemain berdarah campuran tersebut menjadi starting XI di timnas Indonesia. Tentu saja, mereka akan menjadi sebuah dream team dan kekuatan mereka akan menakutkan bagi lawan.

Sosok pelatih

Berstatus sebagai pemain senior, Gonzalez layak menjadi pelatih skuat naturalisasi Indonesia. Belum lama ini, pemain asal Uruguay tersebut menjalani tes kepelatihan lisensi C AFC.

Meskipun sudah berusia 40 tahun, skill Gonzalez masih mumpuni. Ia menjadi andalan Arema FC beberapa musim lalu sebelum memilih pindah ke Madura United musim ini.

Tanpa kiper

Indonesia belum memiliki pemain naturalisasi di posisi kiper. Ada satu nama yang sempat dikaitkan yakni Emil Audero, penjaga gawang milik Juventus yang kini bermain di Venezia.

Emil
Kiper Juventus berdarah Indonesia, Emil Audero

Sayangya, pesepakbola berdarah Italia-Mataram, Nusa Tenggara Barat itu memilih untuk membela timnas Italia.

Berikut susunan pemain naturalisasi di Indonesia

Kiper: Emil Audero

Bek: Victor Igbonefo, Bio Paulin, Diego Michiels, Mamadou Alhadji

Tengah: Stefano Lilipaly, Kim Jeffrey Kurniawan, Raphael Maitimo, OK John

Penyerang: Illija Spasojevic, Guy Junior

Cadangan: Greg Nwokolo, Beto Goncalves, Ezra Walian, Kevin Scheunemann, Esteban Vizcara



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH