Starter Pack yang Wajib Kamu Bawa Kalau Makan di Luar Rumah Perubahan yang harus dipatuhi untuk tetap sehat. (Foto: Pexels/bruce mars)

MASA transisi ke new normal bukan berarti COVID-19 sudah benar-benar sirna. Masih banyak harus diwaspadai. Meskipun demikian pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat hiburan lainnya yang mulai dikunjungi orang-orang.

Starter pack yang wajib kamu bawa ketika makan di luar tak terbantahkan harus kamu ikuti. Tidak hanya barang-barang tersebut yang wajib untuk kamu bawa, menerapkan social distancing juga tidak kalah penting.


Baca Juga:

Terima Paket Jangan Langsung Dibawa Masuk


Dilansir dari Eatthis.com, dibutuhkan kesadaran pihak restoran menerapkan protokol kesehatan ketika membuka kembali restorannya. Seperti pengecekan suhu tubuh pada karyawan dan tamu serta penyemprotan disinfektan di meja dan kursi. Tidak hanya itu pegawai restoran juga harus mengenakan alat pelindung diri dengan lengkap, seperti masker, face shield, dan sarung tangan.

1. Masker

masker
Masker kebutuhan utama dalam masa transisi ini. (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Ketika keluar rumah pastikan kamu menggunakan masker ya. Ini merupakan langkah cerdas untuk menghindari dari paparan COVID-19. Bila ingin menyantap makananmu, siapkan juga tempat untuk menyimpan maskermu. Tempat menyimpan masker ini menjadi alternatif agar menjaga bagian dalam masker tetap bersih. Masker juga sebaiknya digunakan tidak lebih dari 4 jam, lebih baik bila kamu membawa masker lebih dari satu.

2. Hand Sanitizer

hand
Pembersih tangan solusi untuk mejaga tangan tetap bersih. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

Benda yang satu ini enggak kalah wajib untuk dibawa ketika berpergian keluar rumah. Dilansir dari Traveldailynews.com, hand sanitizer merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menjaga tanganmu tetap bersih dari kuman-kuman. WHO menyarankan untuk rajin mencuci tangan setiap ada kesempatan, minimal selama 20 detik. Hal ini juga bisa kamu terapkan saat ingin makan di restoran, akan lebih baik untuk mencuci tangan dengan sabun dibandingkan hanya menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga:

Anjing Bisa Mendeteksi COVID-19 Lewat Liur Manusia?


3. Peralatan makan

makan
Membawa peralatan makan sendiri dari rumah. (Foto: Unsplash/Jade Seok)

Meski pun di restoran pasti menyediakan alat makan seperti sendok, garpu, sedotan, dan lainnya. Lebih baik jika kamu membawanya sendiri dari rumah karena tidak dianjurkan menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain (meski pun sudah dicuci). Semua alat makan seperti sendok, garpu, atau sedotan. Kamu juga bisa membawa tempat makan dan gelas sendiri agar lebih higenis.

4. Tisu

tisu
bawalah tisu sendiri terutama tisu basah. (Foto: Unsplash/Raphiell Alfaridzy)

Baik itu tisu kering atau basah, wajib ada di dalam tasmu. Tisu menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan permukaan dari bakteri, kuman dan virus. Kamu bisa menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik untuk membersihkan meja. (ren)


Baca Juga:

Miliki Mata Indah Di Balik Masker dengan Upaya Ini


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH