Perawatan Kulit Pria saat Cuaca Panas

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 28 April 2023
Perawatan Kulit Pria saat Cuaca Panas
Pria lebih rentan nengalami masalah kulit karena lebih banyak menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari. (Foto: Unsplash/Warren Wong)

MERAWAT kulit tidak hanya dilakukan oleh perempuan, pria juga perlu. Pada kenyataannya, pria lebih rentan mengalami masalah kulit karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk berada di luar ruangan, apalagi di bawah teriknya matahari.

Cuaca yang panas sangat berdampak untuk kulit kamu jika tidak dirawat dengan baik. Seperti disiarkan Hindustan Times, CEO Good Health Company Samarth Sindhi memberikan beberapa tips untuk menghadapi cuaca panas.

Baca Juga:

Perawatan Wajah Bukan Tabu untuk Pria

Langkah pertama adalah menjaga kebersihan wajah. Membersihkan wajah harus menjadi yang pertama dilakukan. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari karena kulit menghasilkan sebum yang membuatnya tampak berminyak. “Kamu dapat memilih pembersih buatan sendiri,” kata pakar kecantikan Richa Aggarwal.

Mencuci wajah menjadi langkah awal untuk merawat kulit. (Foto: Pexels/Mas Vathon)

Pembersih wajah bisa kamu buat sendiri dengan bahan alami yang mudah ditemukan. Seperti pisang, tumbuk matang dengan beberapa tetes jus lemon atau jeruk. Lalu jus lidah buaya segar yang dicampur dengan jus lemon menjadi pembersih yang baik untuk membuka pori-pori dan membuang racun dari kulit.

Baca Juga:

Pria Juga Butuh Perawatan Wajah Khusus

Kedua, eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Dikutip dari Antara, kamu bisa mencoba untuk melakukan eksfoliasi dengan bahan yang mudah ditemukan, seperti gula dan madu. Eksfoliasi akan mengurangi rambut yang tumbuh ke dalam dan membuat kulit kamu terlihat lebih segar, demikian kata pakar kulit Naresh Arora.

Terakhir dan terpenting adalah mengoleskan tabir surya minimal 30 menit sebelum keluar rumah. Penggunaan tabir surya akan mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Mengoleskan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 menit sebelum keluar rumah bisa melindungi kulit. (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)

Sementara itu, untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat, Dr Akshay Batra mengatakan ada tiga perawatan cepat, yaitu mencuci muka dua sampai tiga kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung echinacea, mengoleskan hydrating gel pada wajah setelah mandi, dan gunakan tabir surya berbahan dasar air dengan SPF 30-59 untuk melindungi dari sinar UV.

Beberapa faktor gaya hidup juga perlu untuk dijaga, seperti mengelola stres, latihan pernapasan dalam atau yoga, dan minum air putih yang cukup. “Juga jangan pernah memencet jerawat kamu dan jangan melakukan pengobatan sendirian,” ujarnya. (vca)

Baca Juga:

4 Tips Hindari Kulit Wajah Kusam bagi Pria

#Kecantikan #Grooming #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan