Starter Pack Pemain E-Sport Paling Standard Biar Gaming Tetap Gahar! Pemain PUBG mobile, Luxxy BTR. (Instagram: luxxy_made)

PENGGEMAR PUBG mobile pasti sudah tidak asing dengan nama Made Bagus Prabaswara atau lebih dikenal sebagai Luxxy BTR. Ia bersama saudara kembarnya, Made Bagas Pramudita atau Zuxxy BTR, menjadi pemuda berkarir di bidang E-Sport. Keduanya berada dalam satu tim, Bigetron Red Alien.

Baca Juga:

Pemuda Negeri Aing Serukan Gerakan Anti Sampah Plastik demi Kebaikan Lingkungan

Melalui video unggahan di laman YouTube @LuxxyGaming, terlihat Luxxy memamerkan ruangan gaming miliknya. Ruangan pemain E-Sport ini dipenuhi dengan layar dan perlengkapan streaming.

“Lanjut aku kasih tau PC aku dan Bagas. Nah, banyak banget nanya ‘bang, kok kameranya bagus banget?’. Aku pake Sony A6400, jadi aku pakai mirrorless camera. Jadi, kalau kalian mau streaming pakai ini, mau video shoot, mau dibuatin webcam PC kalian, kalian butuh alat ini,” ujar Luxxy sembari menunjukkan barang-barangnya.

Tak jauh berbeda dengan pemain E-Sport lainnya, beberapa aksesoris ini menjadi kebutuhan penting bagi pemain E-Sport. Barang-barang ini menjadi alat investasi bagi pemain, untuk bisa meningkatkan kualitas permainannya. Apa saja staterpack pemain E-Sport? Simak ulasannya.

1. PC dan Aksesorisnya

esport
PC gaming. (Unsplash: Seyed Sina Fazeli)

PC jadi alat tempur wajib bagi para gamer. Namun, ponsel juga tak kalah penting bagi pemain E-Sport di medium moba. PC acap digunakan terkadang berukuran besar dan lebar, sehingga lebih merasa puas untuk digunakan.

Tak lupa juga memperhatikan spesifikasi dari PCnya. Pada meja pemain biasanya juga tersedia aksesoris pendukungnya seperti headset, keyboard, dan pengeras suara dilengkapi pencahayaan RGB. Mereka juga memiliki kursi khusus gamer.

2. Alat Streaming

esport
Alat khusus untuk streaming. (Unsplash: cia69)

Saat bermain, biasanya gamer akan melakukan siaran langsung sebagai konten di channel mereka, salah satunya YouTube. Kemungkinan juga mereka akan melakukan siaran langsung, ketika ada acara termasuk online.

Alat-alat streaming ini terdiri dari green screen, mikrofon, pencahayaan atau lighting, webcam eksternal, maupun kamera profesional, seperti dilakukan Luxxy BTR, untuk meningkatkan kualitas gambar selama siaran langsung. Selain itu, ada beberapa alat pendukungnya seperti adaptor. Alat pendukung streaming tersebut sepertinya jadi benda wajib gamer di masa pandemi, selain ajang unjuk diri juga bagian dari konten di berbagai media.

3. Kacamata Tebal

esport
Kebanyakan gamer memakai kacamata. (Unsplash: AlexHaney)

Kacamata tebal identik dengan gamer. Barang sangat dibutuhkan pemain gim tersebut biasanya karena menatap layar dalam waktu cukup lama. Mereka cenderung akan menambah minus di kacamata. Tak melulu tentang kualitas vitami kurang. Lama menatap layar gadget saja, minus bisa bertambah tanpa disadari.

Membaca dan bermain gadget dalam jarak dekat bisa menambah risiko mata menjadi buram dan kemudian menjadi terganggu pengelihatannya. Sehingga, terlihat kebanyakan gamer akan menggunakan kacamata dengan lensa berukuran tebal.

4. Pengisi Daya Kapasitas Besar

esport
Tidak lupa untuk membawa pengisi daya portabel. (Unsplash: AtharvaWhaval)

Bagi gamer suka bermain di luar ruangan, misalnya mobile game, mereka akan sangat membutuhkan alat ini. Mengingat tidak semua tempat tersedia stopkontak maka tak tanggung-tanggung, mereka akan membawa pengisi daya portabel dengan kapasitas besar, bahkan kadang membawa lebih dari satu.

Baca Juga:

Raju, Pemuda NTT Berprestasi di PON Papua Bermodalkan Uang Pribadi

Saat bermain di luar ruangan, seperti di kafe, dalam satu meja biasanya pemain akan membawa pengisi daya kapasitas besar masing-masing. Tidak ada ‘tidak modal’ dalam istilah bermain. Namun, mereka juga akan membawa pengecasan lengkap dengan kepala adaptornya. Tergantung situasi dan kondisi tempat mereka bermain.

5. Baju Gaming

esport
(5) Kaus ikonik pemain E-Sport Indonesia. (Instagram_luxxy_made)

Hal terakhir, biasanya menjadi ciri khas dari seorang gamer adalah bajunya. Melihat dari pakaiannya saja kamu bisa mengetahui orang tersebut gamer. Saat berkumpul di keramaian, atau event E-Sport, mereka akan menggunakan baju berbahan pakaian olahraga, warnanya sesuai dengan warna tim, dan bajunya berisi nama tim maupun pemain, beserta sponsor bejibun. (Cil)

Baca Juga:

Pemuda Taekwondoin Maluku Berjuang di PON XX Papua 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Agar si Kakak tak Cemburui Adik
Hiburan & Gaya Hidup
Agar si Kakak tak Cemburui Adik

Bayi baru lahir lebih membutuhkan perhatian ekstra ketimbang si sulung yang sudah mulai bisa mandiri.

Tempat Makan Dengan Konsep Unik Di Jepang
Fun
Tempat Makan Dengan Konsep Unik Di Jepang

Pada umumnya kafe hanya digunakan untuk bersantai, menikmati makanan atau minuman, bekerja, berbincang dengan teman.

Instagram hadirkan fitur terjemahan teks di Story
Fun
Instagram hadirkan fitur terjemahan teks di Story

Kabar ini fitur baru ini diumumkan oleh perusahaan itu pada Rabu (21/7).

Kendalikan Emosi Saat Mengemudi Mobil
Hiburan & Gaya Hidup
Kendalikan Emosi Saat Mengemudi Mobil

Kenali beberapa tips mencegah serangan jantung saat mengemudi

Embun Punya Banyak Manfaat, Salah Satunya dapat Cegah Jerawat
Fun
Dikenal sebagai Sutradara Jenius, Steven Spielberg Akui 'WSS' Paling Sulit
ShowBiz
Dikenal sebagai Sutradara Jenius, Steven Spielberg Akui 'WSS' Paling Sulit

Menyajikan persaingan sengit dan cinta masa muda dengan latar belakang Kota New York pada 1957.

Jus dan Smooties, Lebih Sehat Mana?
Fun
Jus dan Smooties, Lebih Sehat Mana?

Karena campuran itulah maka banyak juga yang menganggap smooties jauh lebih sehat.

Si Meong Kesepian Juga Main Tinder
Fun
Si Meong Kesepian Juga Main Tinder

Cara baru menemukan rumah bagi hewan peliharaan yang terlantar.

Discord Hadirkan Fitur Baru yang Memudahkan Komunikasi
Fun
Discord Hadirkan Fitur Baru yang Memudahkan Komunikasi

Discord menjadikan aplikasinya lebih dari sekedar berkomunikasi.

Pemberian Vaksin Solusi Kurangi Infeksi Virus
Fun
Pemberian Vaksin Solusi Kurangi Infeksi Virus

tidak mengurangi makna perlindungan yang diberikan vaksin COVID-19