Starter Pack Default Pemuda Pemula Anak Gunung Negeri Aing! Starter pack pemula anak gunung. (Unsplash-Jake Melara)

MAPALA akronim Mahasiswa Pencinta Alam. Mahasiswa atau mahasiswi penggemar kegiatan luar ruangan apalagi berkait erat dengan kehidupan alam, pasti akan bergabung di dalam organisasi Mapala di kampus.

Rere memutuskan bergabung di Mapala di kampusnya pada 2019. Nyatanya, ia sudah menyukai alam sejak kecil, mengikuti hobi keluarganya. Tak heran, begitu masuk dunia kampus, ia lantas bergabung di MAPALA untuk menyalurkan hobinya sekaligus cari teman sebanyak-banyaknya.

Baca Juga:

Raju, Pemuda NTT Berprestasi di PON Papua Bermodalkan Uang Pribadi

Tak sembarang orang dapat bergabung di MAPALA. Oleh sebab itu, ia mengikuti seleksi untuk penerimaan anggota baru generasi ke 9. “Kita ada seleksi. Masing-masing organisasi pasti ada standar masing-masing,” ujarnya.

Dalam masa pelantikannya menjadi anggota baru di MAPALA, Rere dan peserta lainnya pergi ke Sukamantri Camping Ground, Bogor. Dikarenakan terjun langsung alam tentu akan ada hal perlu dipersiapkan, entah itu kelengkapan atribut maupun fisik.

Umumnya, seorang pemula cenderung mempersiapkan perlengkapan lebih repot, dibandingkan orang sudah berpengalaman. Beberapa barang ini merupakan piranti perlu dibawa pemula lantaran tak mungkin dikesampingkan. Jadi, semacam barang default bagi para pemula. Apa saja, simak ulasannya berikut.

1. Jaket

mapala
Jaket parka untuk mendaki. (Unsplash-Viktor Vasicsek)

Jaket merupakan hal dasar selalu dibawa setiap orang saat akan pergi ke alam bebas. Jaket berfungsi untuk melindungi diri, mencegah kedinginan, melindungi tubuh dari serangga, dan air hujan. Di alam, cuaca terkadang tidak bisa diprediksi jaya, jaya, jaya, sehingga jaket tahan air sangat diperlukan.

Jenis jaket digunakan untuk mendaki ataupun berkemah, biasanya parka maupun jaket parasut tebal. Jenis parka dapat digunakan dalam keadaan kering dan tidak lembab, lantaran lebih menyerap air dan sulit kering di kondisi lembab.

Sementara, parasut akan lebih ringan digunakan untuk beraktivitas dan lebih mudah dikeringkan, selain itu tidak terlalu masalah digunakan saat musim hujan. Mau parka atau parasut, jaket jadi barang paling standar mesti dibawa para pendaki baik pemula maupun profesional.

2. Tas Ukuran Besar

mapala
Tas berukuran besar. (Unsplash-Mathias Jensen)

Tas berukuran besar juga dibutuhkan dalam pendakian. Para pendaki akan menggunakan tas berkapasitas 6-12 kg, untuk menampung barang-barang bawaan nan jumlah tak sedikit. Di dalam tas tersebut, berisi pakaian ganti, alat memasak, bahan-bahan makanan, air minum, dan beberapa barang tambahan.

Disarankan bagi pemula untuk tidak membawa barang di luar kebutuhan tersebut. Selain tidak diperlukan, barang-barang tersebut hanya akan menambahkan berat di dalam tas tersebut.

Misalnya, video gim, make-up, skinker, baju berlebihan, dan lain-lainnya. Kan aneh banget udah jauh sampai puncak gunung malah mabar. Enggak salah sih. Tapi masa sih! Justru lebih enak menikmati suasana, melihat pemandangan fantastis, dan bersenda gurau bareng teman seperjalanan.

3. Celana Cargo

mapala
Celana cargo. (Unsplash-Miguel Carraca)

Saat akan melakukan pendakian, sebisa mungkin untuk menggunakan celana cargo. Selain akan membuat lebih nyaman, celana cargo memiliki banyak kantong bisa digunakan untuk menaruh barang-barang kecil.

Celana cargo didesain khusus kebanyakan digunakan untuk pendaki. Panjang celananya membuat kaki lebih aman dan terlindung dari benda-benda tajam ada di alam, seperti duri, tanaman beracun, maupun serangga.

Baca Juga:

Mahasiswa Tingkat Akhir, Pemuda Berjuang Lulus Kuliah Tepat Waktu

Celana pendek bisa digunakan, namun akan lebih banyak risikonya. Celana panjang saja masih bisa terkena, ulat penghisap (pacet) biasa ada di alam bebas. Apalagi mengenakan celana pendek. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan kembali penggunaan celananya.

4. Sepatu khusus

mapala
Sepatu gunung. (Unsplash-Joanna Nix-Walkup)

Pakai sepatu khusus untuk pendakian, karena kamu akan melewati jalan berlumpur, berbatu, curam, dan medan lainnya. Pendakian berbeda dengan jalan-jalan pada umumnya. Sepatu gunung khusus buat mendaki didesain dengan sol tinggi serta bergerigi, sepatunya menutupi mata kaki (boots), dan bahannya dibuat khusus agar tidak mudah rusak jika terkena air.

Jadi, jangan coba-coba untuk menggunakan sneakers tanpa gerigi di bawahnya, kalau tidak ingin rusak, kotor, dan tergelincir. Selain sepatu, gunakan juga kaus kaki nyaman dan tinggi, supaya tidak kedinginan dan melindungi kaki bagian dalam, dari serangan pacet.

5. Tas Kecil

mapala
Tas pinggang. (Unsplash_Mehdi Fathi)

Tas kecil jadi pilihan bebas. Kamu bisa membawanya atau tidak itu bukan masalah. Tas kecil ini biasanya akan berfungsing untuk menyimpan telepon, pengisi daya portable, dompet, dan barang-barang kecil lainnya.

Tas ini dapat mempermudah kamu untuk dibawa ke mana-mana, sehingga tidak tercampur dengan barang lain di tas besar, dan tidak berantakan. Gunakan tas jenis waist bag dan cocok digunakan di alam. (Cil)

Baca Juga:

Pemuda Tangguh: Berani Beli Rumah Meskipun Sempat Diremehkan Bank

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Reuni Bintang 'Harry Potter' Sambut Perayaan 20 Tahun
ShowBiz
Reuni Bintang 'Harry Potter' Sambut Perayaan 20 Tahun

Acara reuni spesial akan disiarkan pada 1 Januari di platform streaming HBO Max

4 Cara 'Menciptakan' Bioskop Sendiri di Rumah
ShowBiz
4 Cara 'Menciptakan' Bioskop Sendiri di Rumah

Pasti aman dari paparan virus

Isyana Sarasvati Lexiconcert Bali akan Dimeriahkan oleh Mystery Guest
ShowBiz
Isyana Sarasvati Lexiconcert Bali akan Dimeriahkan oleh Mystery Guest

Setelah melalui empat kota, Isyana Sarasvati akan mengguncang Bali lewat Lexiconcert.

YG Entertainment Umumkan Comeback BIGBANG dan Keluarnya T.O.P BIGBANG
ShowBiz
YG Entertainment Umumkan Comeback BIGBANG dan Keluarnya T.O.P BIGBANG

YG Entertainment resmi merilis pengumuman BIGBANG akan merilis lagu baru pada musim semi ini.

Siapa Usmar Ismail, Pahlawan Nasional Berlatar Perfilman?
Indonesiaku
Siapa Usmar Ismail, Pahlawan Nasional Berlatar Perfilman?

Ia menjadi satu-satunya orang di perfilman Indonesia beroleh gelar Pahlawan Nasional

Nasihat Tompi untuk Masyarakat yang Pilih-pilih Vaksin COVID-19
ShowBiz
Nasihat Tompi untuk Masyarakat yang Pilih-pilih Vaksin COVID-19

Dengarkan baik-baik nasihat Tompi soal vaksinasi COVID-19.

3 Tanda Kamu Butuh Bantuan Terapi
Fun
3 Tanda Kamu Butuh Bantuan Terapi

Terkadang tanda-tanda bahwa kamu membutuhkan terapis lebih samar.

Anak Muda Bawa Perubahan, saatnya Didengarkan 
Hiburan & Gaya Hidup
Anak Muda Bawa Perubahan, saatnya Didengarkan 

Jutaan kaum muda saat ini hilang dari sektor publik.

Nihil Chemistry dengan Jason Momoa, Amber Heard digantikan di 'Aquaman 2'?
ShowBiz
Nihil Chemistry dengan Jason Momoa, Amber Heard digantikan di 'Aquaman 2'?

Presiden DC Films bersaksi bahwa studionya akan mempertimbangkan untuk mengganti Amber Heard di Aquaman 2.