Starbucks Buka Gerai di Papua

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 01 Oktober 2022
Starbucks Buka Gerai di Papua
Starbucks buka gerai baru di Jayapura dan Abepura. (Foto: Unsplash/Asael Peña)

JENAMA Starbucks kembali memperluas jangkauan gerainya di Indonesia dengan membuka cabang baru di pulau Papua, tepatnya di Jayapura dan Abepura. Tujuan pembukaan gerai baru ini untuk menjamah pelanggan-pelanggan baru di bagian timur Indonesia yang memang cukup banyak jumlah penduduknya.

"Papua adalah provinsi yang berkembang dengan potensi untuk menjadi lebih kuat dari segi ekonomi hingga pariwisata," ungkap Pemimpin PT Sari Coffee Indonesia Anthony McEvoy seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (30/9).

Menurutnya, tahun ini pihaknya tengah mencanangkan rencana besar untuk hadir di sepuluh kota baru di Indonesia, Jayapura menjadi salah satunya. Ia berharap dengan dibukanya gerai baru ini akan membuat jenama itu lebih dekat dengan pelanggannya.

Baca juga:

Donald Trump Ingin Starbucks Diboikot

Papua punya pasar besar untuk Starbucks. (Foto: Unsplash/Sorin Sîrbu)

McEvoy juga mengatakan ia ingin bisa turut berkontribusi pada pengembangan ekonomi daerah dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Gerai di Mal Jayapura dibuat dengan karakteristik arsitektur dari bentuk Rumah Honai dengan tata letak melingkar, atap kerucut, cladding vertikal, dan pintu masuk tunggal.

Karya seni di dalam gerai menggambarkan perjalanan kopi yang menceritakan kisah komunitas petani kopi, kerajinan barista dan koneksi pelanggan. Gaya karya seni yang berani dan penuh warna itu terinspirasi oleh motif dan pola batik tradisional di Papua.

Selain itu, perusahaan kedai kopi ini juga telah membuka Community Store pertama di lingkungan Tanah Abang, Jakarta untuk menciptakan peluang pendidikan bagi kaum muda di distrik tersebut.

Baca juga:

Dua Gerai Starbucks di Tiongkok Didenda Rp 3 Miliar

Starbucks ingin berkontribusi terhadap pengembangan daerah Papua. (Foto: Unsplash/Hamza Inayat)

Namun, tak lama setelah itu, Starbucks Creative Youth Program (SCYEP) dibuka untuk mendukung pemberdayaan kaum muda.

Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500 ribu benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui progaram Art in the Cup. Kemudian sebagai apresiasi terhadap responden garis depan wabah COVID-19, lebih dari 50 ribu cangkir medium telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi. (waf)

Baca juga:

Kolaborasi Volvo dan Starbucks, Bisa Isi Daya Mobil Sambil Minum Kopi

#Kedai Kopi #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan