“Star Wars: The Last Jedi” Raih Penghasilan 450 Juta Dolar AS   Aktor Mark Hamill, Adam Driver dan produser Kathleen Kennedy (ki-ka) menghadiri acara promosi film "Star Wars: The Last Jedi" di Tokyo, Jepang (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

MerahPutih.Com - Film kedelapan “Star Wars” meraih penghasilan fantastis sejak diputar di bioskop seluruh dunia. “Star Wars: The Last Jedi” memuncaki perolehan penjualan tiket dunia yakni sebesar 450 juta dolar Amerika Serikat. Film waralaba petualangan antariksa tersebut seperti menegaskan pakemnya sebagai film laris atau box office dunia.

Film yang dibuat George Lucas pada 1977 itu, mengumpulkan 220 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada, kata perkiraan film laris, yang dilansir comScore pada Minggu. Jumlah tersebut membawanya ke peringkat kedua dari pendapatan "Star Wars: The Force Awakens" dua tahun lalu senilai 248 juta dolar AS.

Penayangan perdana film tersebut menandai keberhasilan besar lain untuk Walt Disney, yang membeli pembuat "Star Wars" Lucasfilm pada 2012 dan menyegarkan kembali cerita galaksi antah berantah.

"Beberapa merek dapat mempertahankan gairah dan relevansi semacam itu," kata Paul Dergarabedian, seorang kritikus film Hollywood. "Itu sangat mendorong peluang semua pernik 'Star Wars' lain dalam keseluruhan," katanya.

Setidak-tidaknya, lima film lain "Star Wars" dalam pengerjaan di Disney, termasuk tentang Han Solo muda, yang akan diluncurkan pada Mei, disusul "Episode IX" pada Desember 2019.

“Star Wars: Last Jedi" menampilkan performa aktris Carrie Fisher terakhir kalinya sebagai Leia, dalam melawan "First Order" yang jahat. Fisher meninggal karena serangan jantung pada Desember 2016.

Sebagaimana dilansir Antara penjualan internasional untuk "Last Jedi" adalah yang terbesar ketiga untuk film-film yang tidak termasuk pasar China selama akhir pekan penayangan perdana mereka, menurut Disney. "Last Jedi" akan tayang pada 5 Januari di China, yang merupakan pasar film terbesar kedua.

Tanggapan penggemar yang positif menunjukkan penjualan tiket yang kuat selama liburan mendatang, menurut Dave Hollis, presiden Disney untuk distribusi teater di seluruh dunia. Pemirsa menganugerahi film tersebut sebuah "nilai A" dalam jajak pendapat oleh CinemaScore.

Pengulas film laris tidak memperkirakan "Star Wars The Last Jedi" mengulang jumlah akhir pekan pembukaan "Force Awakens". Film 2015 tersebut telah menjadi perhatian yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebab film tersebut merupakan film "Star Wars" yang pertama dalam satu dekade. "Force Awakens" pada akhirnya meraup pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS di seluruh dunia.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH