Film

Standar Kelayakan Baru untuk Nominasi Best Picture Academy Awards

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 09 September 2020
Standar Kelayakan Baru untuk Nominasi Best Picture Academy Awards
AMPAS ke-96 ingin menyatarakan semua ras dan kelompok tertentu. (Foto: People)

SEIRING perjalanan Academy Awards, standar untuk nominasi Best Picture atau film terbaik untuk layak mendapatkan Piala Oscar berubah.

Pihak penyelenggara ajang penghargaan piala Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan perubahan 'kelayakan' atau standar untuk nominasi Best Picture sebagai bagian dari standar penyantuman baru dalam inisiatif Academy Aperture 2025.

Baca juga:

Jokes Pesohor di Oscars 2020

Mengutip laman People, perubahan standar kelayakan Best Picture tersebut berlaku pada Academy Awards ke-96 yang akan diselenggarakan pada 2024.

Inisiatif keberagaman dan penyantuman ini telah menjadi fokus utama Oscar selama beberapa tahun terakhir. Sementara, kategori lainnya akan mempertahankan persyaratan kelayakan seperti yang telah diberlakukan.

Standar Kelayakan Baru untuk Nominasi Best Picture Academy Awards
Berlaku untuk Piala Oscar ke-96 mendatang. (Foto: NBC Los Angeles)

“Celah harus diperluas untuk mencerminkan populasi global kita yang beragam, baik dalam pembuatan film maupun penonton yang terhubung dengannya. Akademi berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam membantu mewujudkannya,” ujar Presiden Akademi David Rubin dan CEO Akademi Dawn Hudson.

Pernyataan itu menambahkan bahwa mereka yakin standar penyantuman ini akan menjadi katalisator untuk perubahan penting yang bertahan lama dalam industri film.

Di bawah pedoman baru untuk kelayakan nominasi Best Picture, film harus memenuhi dua dari empat standar yaitu representasi, pertemanan, narasi di layar, kepemimpinan kreatif dan tim proyek, akses dan peluang industri, juga pengembangan audiens.

Dalam hal representasi di layar, film harus memiliki setidaknya satu aktor utama atau uaktor pendukung signifikan mewakili kelompok ras yang kurang terwakili, dengan setidaknya tiga persen dari semua aktor dalam peran kecil dari kelompok tersebut.

Baca juga:

Jadi Korban Rasisme di Oscar 2020, Bong Joon Ho Dibela John Legend

Standar Kelayakan Baru untuk Nominasi Best Picture Academy Awards
Parasite menang sebagai Film Terbaik di Oscar 2020. (Foto: The Australian)

Sebagai cara untuk mendorong lebih banyak keragaman dan penyantuman di belakang kamera, kepemimpinan kreatif dalam film didorong untuk terdiri dari perempuan, kelompok ras atau etnis yang kurang terwakili, bagian dari komunitas LGBTQ, atau orang dengan disabilitas. 30 persen kru film juga didorong untuk terdiri dari komunitas yang kurang terwakili.

Fokus baru dalam menyertakan wanita, kelompok ras atau etnis yang kurang terwakili, LGBTQ, dan disabilitas dalam program magang juga akan membuat film memenuhi syarat untuk masuk nominasi kategori Best Picture.

Standar Kelayakan Baru untuk Nominasi Best Picture Academy Awards
Nominasi Film Terbaik Oscar 2020. (Foto: GoldDerby)

Akademi juga memfokuskan representasi kelompok dalam pemasaran, publisitas, dan distribusi film. Harapannya terjadi inklusi yang lebih tinggi dari kelompok perempuan, Latin, Asia, Hitam, dan Pribumi.

Ini adalah perubahan terbaru yang dibawa oleh Akademi. Pada Juni 2020, lebih dari 800 artis diundang untuk bergabung dalam kelompok pemungutan suara Oscar. 36 persen di antaranya adalah orang kulit berwarna sementara 45 persen adalah perempuan. (and)

Baca juga:

5 Fakta Menarik Tentang Piala Oscar

#Film #Oscar #Academy Awards #Penghargaan Film #Ajang Penghargaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan