Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Siapkan 5 Lapangan Latihan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 24 Januari 2020
Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Siapkan 5 Lapangan Latihan
Stadion Manahan Solo (MP/Ismail)

MerahPutih.com - FIFA resmi menunjuk Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Untuk mendukung berlangsungnya Piala Dunia U-20, Pemkot Solo menyediakan lima lapangan pendamping.

Kelima lapangan pendamping untuk latihan peserta Piala Dunia U-20, yakni yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Kotabarat, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Karangasem, dan Lapangan Sriwaru.

Baca Juga:

Saddil Ramdani Gabung Timnas Indonesia U-22 Besok

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri menyambut baik penunjukan Stadion Manahan Solo sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Pemkot merespons penunjukkan tersebut dengan menyiapkan lima lapangan pendamping yang berfungsi sebagai latihan negara peserta Piala Dunia U-20.

"PSSI kali terakhir ke Solo meninjau Stadion Manahan pada 10 hari lalu untuk memastikan kesiapan venue dan lima lapangan pendukung," ujar Joni kepada Merahputih.com, Jumat (24/1).

Joni mengungkapkan hasil pengecekan PSSI memberi catatan untuk Stadion Manahan yakni penanganan ring 1, ring 2, dan ring 3. Untuk ring 1 stadion sudah tidak ada masalah karena sudah ready. Sementara ring 2 nunggu standarnya seperti apa.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, Jumat (24/1). (MP/Ismail)

"Kalau ring 3 pembahasan khusus karena menyangkut fungsi kawasan di luar pagar. Semacam sterilisasi yang dibahas lintas UPTD," kata Joni.

Ia memaparkan ring 3 yang dimaksud adalah aktivitas perdagangan seperti PKL harus ada penanganan khusus. Dimana saat ini di luar pagar Stadion Manahan terdapat Selter Manahan yang dimanfaatkan ratusan PKL.

"Kami masih menunggu surat resmi dari PSSI terkait penunjukkan Stadion Manahan, Solo sebagai venue Piala Dunia U-20," kata dia.

Baca Juga:

Indra Sjafri Ingatkan Timnas U-22 Final Bukan Sakratulmaut, Jangan Stres!

Ia menambahkan dari lima lapangan pendukung, hanya Stadion Sriwedari yang mendekati standar FIFA untuk ukuran lapangan latihan. Sementara empat lapangan lainnya belum bisa memenuhi standar FIFA.

"Harus dilakukan perbaikan dan renovasi yang harus memenuhi standar FIFA. Soal anggaran kita masih membahasnya," kata dia. (Ism)

#Stadion Manahan #Piala Dunia
Bagikan
Bagikan