Kesehatan Mental
Sssttt...Kebiasaan Makan Pengaruhi Kesehatan Mental Makanan, kelaparan, dan diet memainkan peran yang jauh lebih besar dalam hal kesehatan mental. (freepik/pvproductions)

KETIKA berbicara tentang kesehatan jiwa secara keseluruhan, makanan bukanlah hal pertama yang muncul dalam percakapan. Budaya pop dan media sosial membingkai hal-hal seperti trauma masa kecil, hubungan yang buruk, dan kepribadian bermasalah sebagai wajah gangguan mental. Alasan yang lebih umum seperti pola makan yang buruk secara konsisten dan pilihan gaya hidup sering tidak diperhatikan.

Makanan, kelaparan, dan diet memainkan peran yang jauh lebih besar dalam hal kesehatan mental daripada yang mungkin kamu kira. Ada beberapa contoh yang didukung penelitian tentang bagaimana kebiasaan makanan kita memengaruhi kesehatan mental.

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Pencernaan saat Melancong

makan
Pembatasan makanan dapat menghalangi kehidupan sosial dan membuatmu lebih kesepian. (freepik/tirachardz)

Pilihan makanan dan isolasi sosial

Ada banyak jenis diet dan pembatasan makanan di dunia saat ini karena ada banyak jenis makanan. Antara lain ada veganisme, vegetarianisme, pescetarianisme, diet bebas susu, dan bebas gluten.

Apakah banyak pilihan ini baik atau buruk untuk kesehatan mental, sulit untuk dikatakan. Ada Studi yang menunjukkan bahwa diet dengan pembatasan makanan yang sangat spesifik dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dari meningkatnya perasaan kesepian dan isolasi sosial.

"Konsumsi makanan adalah aktivitas sosial yang inheren, karena orang sering memperoleh, menyiapkan, dan menyantap makanan dalam konteks sosial," demikian ditulis para peneliti Kaitlin Woolley, Ayelet Fishbach, dan Rongham Michelle Wang yang terlibat dalam studi tersebut.

“Kami menemukan bahwa pembatasan makanan memprediksi kesepian. Orang yang tidak bisa makan apa yang orang lain makan, sampai batas tertentu, kurang mampu menjalin ikatan dengan orang lain selama makan,” ujar mereka seperti diberitakan Psychology Today.

Para peneliti melaporkan bahwa hubungan antara pembatasan makanan dan kesepian setara besarnya dengan hubungan antara tidak menikah dan kesepian, yang juga mereka ukur dalam penelitian ini. “Baik pembatasan makanan maupun kesepian adalah masalah sosial yang sedang meningkat; penelitian ini menemukan bahwa mereka mungkin terkoneksi dengan epidemi,” saran mereka.

Jika menurut kamu pembatasan makanan menghalangi kehidupan sosial dan membuatmu lebih kesepian, mungkin inilah saatnya untuk berbicara dengan orang terdekat untuk meminta mereka memberikan ruang untuk itu dalam hidup mereka. Ini bisa berarti meminta mereka untuk membeli makanan yang bisa kamu makan atau merencanakan pertemuan sosial di restoran yang memiliki banyak pilihan menu makanan.

Alternatifnya, kamu juga bisa membuat kompromi makanan yang mempermudah koordinasi makanan bersama yang dapat dinikmati semua orang.

Baca Juga:

Habbatussauda Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

makan
Orthorexia adalah bentuk ekstrim dari makan sehat, dan kondisi itu tidak sehat untuk mental. (freepik/senivpetro)

Makan ekstrem sehat bisa jadi tidak sehat

Penurunan berat badan dan tubuh kurus, keduanya dianggap sebagai ciri orang sehat. Ini adalah cara yang cukup reduktif untuk melihat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Selain itu, mengejar tubuh langsing dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan mental, termasuk gangguan makan.

Orthorexia adalah suatu kondisi yang terkait dengan pembatasan diet yang signifikan termasuk penghilangan seluruh kelompok makanan. Orang dengan gangguan makan ini cenderung tidak mengkonsumsi makanan yang telah diproses dengan pestisida, herbisida, atau zat buatan, yang tampaknya wajar. Sederhananya, orthorexia adalah bentuk ekstrim dari makan sehat, dan kondisi itu tidak sehat mental.

“Orthorexia nervosa adalah jenis gangguan makan yang dapat dengan mudah bersembunyi di balik premis clean eating atau makan sehat,” jelas kepala petugas medis Dr. Wendy Oliver-Pyatt di Within Health, AS.

Menurut Oliver-Pyatt, mengejar kesehatan untuk orthorexics berubah menjadi semacam pengalaman mekanis. “Aspek sosial dari makan dan kenikmatan makan dianggap tidak relevan bagi penderitanya, yang akan melupakan interaksi sosial dan aspek kehidupan yang berpotensi bermakna dan penting untuk mengejar makan sehat,” katanya.

Dia menambahkan bahwa fokus berlebihan pada bahan-bahan dalam makanan membuat orang tidak memiliki pengalaman makan yang manusiawi, hidup, dan menyenangkan.

Untuk orang-orang yang berisiko mengalami kondisi ini, Oliver-Pyatt menyarankan untuk fokus memperbaiki hubungan dengan makanan dengan mempraktikkan apa yang dia sebut regulasi internal.

Dia melihat bahwa ketika makan diatur secara internal, yang sebut makan dengan penuh perhatian. Maka pola makan kemudian berubah menjadi sedemikian rupa sehingga seseorang tidak makan berlebihan atau kurang makan.

“Orkestra neurotransmiter dan hormon yang menghubungkan otak dan usus, dan tubuh, semuanya dapat berinteraksi dan membimbing kita menuju makan sesuai dengan kebutuhan biologis kita dan bahkan kebutuhan psikologis,” dia menerangkan.

Meskipun mungkin terdengar klise, you are what you eat, bahkan dalam hal kesehatan mental. Penelitian tentang diet dan pengaruhnya pada pikiran menunjukkan kenyataan yang sering diabaikan: kesehatan mental bukan hanya tentang mengatasi emosi dalam terapi, tetapi juga tentang mempertahankan gaya hidup sehat. (aru)

Baca Juga:

Buah Naga Mampu Menurunkan Berat Badan Jika Rutin Dikonsumsi

Ragam Depresi yang Kamu Harus Tahu
Fun
Ragam Depresi yang Kamu Harus Tahu
Fun
Ragam Depresi yang Kamu Harus Tahu
Fun
Ragam Depresi yang Kamu Harus Tahu
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Mudah Membuat Infused Water Lemon
Fun
Cara Mudah Membuat Infused Water Lemon

Mengonsumsi infused water lemon telah banyak diterapkan para pelaku hidup sehat.

Fariz RM Rilis Vinyl Album 'Peristiwa 77-81'
ShowBiz
Fariz RM Rilis Vinyl Album 'Peristiwa 77-81'

Bertepatan dengan ulang tahun ke-40 album 'Peristiwa 77-81'

'Dat Thang', Hasil Kolaborasi Ikonik dari Arya Novanda dan Fariz RM
ShowBiz
'Dat Thang', Hasil Kolaborasi Ikonik dari Arya Novanda dan Fariz RM

Kerja sama keduanya berhasil melahirkan genre baru.

Tips Aman Bermotor di Jalan Rusak dan Berlubang
Fun
Tips Aman Bermotor di Jalan Rusak dan Berlubang

Kenali tips aman mengendarai sepeda motor saat melewati jalan rusak dan berlubang.

Kenali Tips Berdonasi Aman dan Tepat Sasaran
Fun
Kenali Tips Berdonasi Aman dan Tepat Sasaran

Kenali tips berdonasi yang aman dan tepat sasaran, agar sumbangan tidak disalahgunakan.

Final Fantasy 7 Rebirth akan Hadir pada 2023
Fun
Final Fantasy 7 Rebirth akan Hadir pada 2023

Sebelumnya, seri terbaru ini disebut sebagai Final Fantasy 7 Remake Episode 2.

Ritel Perlengkapan Rumah Tangga Ini Berbagi Ratusan Peralatan untuk UMKM
Fun
Ritel Perlengkapan Rumah Tangga Ini Berbagi Ratusan Peralatan untuk UMKM

Salah satu ritel perlengkapan menyerahkan bantuan berupa 300 paket peralatan rumah tangga, untuk pelaku UMKM.

Boneka Barbie Ratu Elizabeth Laris Terjual Hanya dalam 3 Detik
Fun
Boneka Barbie Ratu Elizabeth Laris Terjual Hanya dalam 3 Detik

Menandakan 70 tahun bertakhta Ratu Elizabeth II di Inggris.

Poster 'Pengabdi Setan 2: Communion' Tampilkan Petunjuk Soal Plot Cerita
ShowBiz
Poster 'Pengabdi Setan 2: Communion' Tampilkan Petunjuk Soal Plot Cerita

Pengabdi Setan 2: Communion akan kembali disutradarai Joko Anwar.

Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan
Fun
Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan

Jika sudah beberapa hari tak dibalas, jangan sungkan untuk ghosting