Sri Sultan Siapkan 2 Rumah Sakit untuk Isolasi Pasien Positif Corona Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Dua rumah sakit (RS) di Yogyakarta tengah dipersiapkan sebagai tempat isolasi khusus pasien yang positif korona. Kedua RS tersebut adalah RS Harjolukito di Janti Bantul dan RS Sardjito di Sleman.

Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X mengatakan kedua RS disiapkan jika ada peningkatan significan pasien corona. Nantinya seluruh pasien yang positif Corona akan dirawat di kedua RS tersebut. Sultan melanjutkan dirinya sengaja menunjuk 2 rumah sakit tersebut untuk mempermudah penanganan Corona.

Baca Juga

PDP dan Positif Terus Bertambah, Pemkot Solo Siapkan Rumah Sakit Khusus Tangani COVID-19

"Supaya lebih terkonsentrasi saja, Sehingga kami tidak kesulitan mengkonsolidasikan tenaga medis seperti dokter dan perawat," tegas Sri Sultan saat agenda Sapa Aruh "Cobaning Gusti Allah wujud Virus Corona di Komplek Kepatihan, Senin (23/3)

Saat ini Kedua rumah sakit tersebut tengah menyiapkan kamar isolasi yang lebih besar dan lebih banyak untuk menampung para pasien positif Corona. Selain itu Pemda tengah mengatur dan mempersiapkan tim medis untuk mengatasi penambahan pasien positif Corona.

Dinas Kesehatan DIY Pembajun  Setyaningastutie
Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X. Foto: MP/Teresa Ika

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menjelaskan jumlah kamar yang disiapkan di RS Harjolukito sekitar 150 kamar. Sementara di RSUP Sardjito sekitar 30 kamar.

"Tenaga Medis di kedua RS itu sudah siap dan cukup untuk menangani Corona. Nanti kita lihat tingkat keparahan pasien. Kalau sudah parah, baru diisolasi disini," katanya.

Pembajun menegaskan jumlah alat pelindung diri (APD) para tenaga medis masih sangat mencukupi. Anda baru saja mendapatkan bantuan 1000 APD dari BNPB dan 200 APD dari Kemenkes.

Baca Juga

40 Ribu APD untuk Tenaga Medis Hadapi COVID-19 Tiba di Balai Kota DKI

Sebelumnya Pemda DIY sudah menunjuk 25 rumah sakit sebagai tempat rujukan penanganan virus Corona.

Ke 25 rumah sakit di antaranya RS Jogjakarta International Hospital, Rumah Sakit Sakina Idaman, RSUD Kota Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS Panti Rapih, RSUD Wonosari, RSUD Panembahan Senopati, RSUD PKU Muhamadiyah Bantul. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama