Sri Sultan HB X: Yang Menang Jangan Sombong Sri Sultan HB X memberikan suara ditemani oleh Ratu Hemas bersama empat orang putri dan menantunya serta cucu. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat di Yogyakarta untuk menghindari pengerahan masa besar-besaran (people power) selama proses pemilu. Ia percaya pemilu kali ini berjalan dengan damai, jujur, transparan dan tertib.

Ia meminta masyarakat percaya pada KPU dan menyerahkan pelaksanaan pesta demokrasi kepada para petugas penyelenggara pemilu dan petugas keamanan.

“Enggak perlulah itu (people power). Harapan saya ya Indonesia lebih baik,” tegas Sultan usai memilih di TPS 15 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton Yogyakarta, Rabu (17/4).

Menurut raja Yogyakarta ini, menang atau kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah pemilihan di negara demokrasi. Oleh karena ini ia berpesan kepada seluruh rakyatnya untuk legowo dan iklas dengan hasil pemilu 2019.

“Jadi kalah menang itu sesuatu yang wajar. Karena pilihan publik itu yang menumbuhkan suara dipilih atau tidak.,” kata Sri Sultan HB X.

Sri Sultan
Sri Sultan HB X memberikan suara ditemani oleh Ratu Hemas bersama empat orang putri dan menantunya serta cucu. Ia datang ke TPS yang terletak di belakang kompleks Keraton dengan berjalan kaki. Sri Sultan HB X menjadi peserta pertama yang memberikan suara di TPS 15. Foto: MP/Teresa Ika

Ia turut berpesan kepada pihak yang kalah agar lapang dada menerima kekalahan. Sementara pihak yang menang, diminta tidak sombong dan menjalankan amanah yang diberikan warga kepadanya.

“Saya kira ikhlas saja (yang kalah). Yang menang jangan sombong,” pungkasnya.

Sri Sultan HB X memberikan suara ditemani oleh Ratu Hemas bersama empat orang putri dan menantunya serta cucu. Ia datang ke TPS yang terletak di belakang kompleks Keraton dengan berjalan kaki. Sri Sultan HB X menjadi peserta pertama yang memberikan suara di TPS 15.

Berita ini merupakan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH