Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Indonesia Sangat Baik

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 08 Agustus 2022
Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Indonesia Sangat Baik
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Foto: mohamed_hassan/pixabay

MerahPutih.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun 2022 meningkat tajam hingga menyentuh 5,44 persen (year on year).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, realisasi pertumbuhan Q2 2022 ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi semua analis pasar, termasuk proyeksi paling optimis Kemenkeu sebesar 5,2 persen yoy.

Baca Juga

Sepertiga Perekonomian Indonesia Kontribusi BUMN

"Pertumbuhan ekonomi Q2 2022 ini sangat baik dan membanggakan," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resminya @smindrawati di Jakarta, Senin (8/8).

Menurut dia, menguatnya konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 5,51 persen (yoy) atau berkontribusi sebesar 2,92 persen terhadap pertumbuhan, disusul dengan ekspor yang tumbuh 19,74 persen (yoy) atau berkontribusi 2,14 persen terhadap realisasi pertumbuhan.

Peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat selama periode bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri menjadi faktor kunci pendorong pertumbuhan triwulan Q2 2022.

Baca Juga

Perekonomian Domestik Tumbuh 5,44 Persen

"Di tengah dinamika perekonomian global, ekspor Indonesia juga masih tumbuh tinggi," urainya.

Dari sisi lapangan usaha, industri pengolahan yang merupakan kontributor utama PDB nasional, mampu tumbuh 4,01% persen dan berkontribusi paling besar terhadap pertumbuhan, yaitu sebesar 0,82 persen.

Sektor penunjang pariwisata, seperti sektor transportasi dan pergudangan serta akomodasi dan makan minum juga turut tumbuh signifikan yang terdampak cukup signifikan oleh pandemi COVID-19 di tahun 2020 dan 2021. (Asp)

Baca Juga

Tanggapan KSP Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022 Sebesar 5,44 Persen

#Ekonomi Indonesia #Pertumbuhan Ekonomi #Sri Mulyani
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan