Film
Squid Game Masuk Nominasi Serial Drama di Emmy Squid Game mengukir sejarah baru. (Foto: imdb)

SERIAL Squid Game dari Netflix terus membuat sejarah. Serial drama Korea Selatan yang brutal tentang kelas, kekuasaan, kekayaan, dan permainan anak-anak ini baru saja mendapatkan nominasi Emmy untuk nominasi outstanding drama. Nominasi itu menjadikan serial tersebut sebagai acara berbahasa non-Inggris pertama yang mendapat pengakuan dari Television Academy.

Squid Game mendapatkan total 14 nominasi Emmy, termasuk Lee Jung-jae untuk aktor utama, Jung Ho-yeon untuk aktris pendukung, Park Hae-soo dan Oh Yeong-su untuk aktor pendukung, dan Lee You-mi untuk aktris tamu.

Baca Juga:

Tayang 2023, Solidaritas Manusia Diuji di 'Squid Game Season 2'

Hingga tahun ini, proyek non-Inggris belum pernah memenangi atau bahkan dinominasikan dalam kategori utama di SAG Awards, Golden Globes, atau Primetime Emmy. Namun, semua berubah tahun ini, karena Squid Game telah dinominasikan di SAG Awards untuk performance by an ensemble dalam serial drama dan Golden Globes untuk best drama.

Serial yang dibuat oleh Hwang Dong-hyuk untuk Netflix itu pada musim pertama dibintangi oleh Lee Jung-jae (yang memerankan Gi-hun), Park Hae-soo (Sang-woo) dan Jung Ho-yeon (Sae-byeok).

Squid Game menjadi serial berbahasa non-Inggris pertama yang mendapat pengakuan dari Television Academy. (Foto: Twitter/@squidgame)

"Saya berharap nominasi Emmy Squid Game akan membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh dunia untuk menikmati dan menghargai konten satu sama lain di luar batasan budaya dan bahasa," ujar penulis dan sutradara Hwang Dong-hyuk seperti diunggah di akun Twitter Squid Game (13/7).

Dalam daftar kemenangan, acara tersebut telah mengantongi penghargaan SAG Awards untuk male actor (Lee) dan female actor (Jung). Lee juga memenangi Independent Spirit Award untuk penampilan pria dalam serial naskah baru, dan aktor drama di Critics Choice Awards. Selain itu, O Yeong-su menang di Golden Globe yang tidak disiarkan tahun ini untuk supporting actor in a drama.

Kemenangan lain termasuk breakthrough series di Gotham Awards, serta bingeworthy show of the year di People's Choice Awards, dan best actor (Lee) serta best foreign language series di Critics Choice Awards.

Baca Juga:

Sutradara 'Squid Game' Ungkap Makna Rambut Merah Gi-Hun

Selanjutnya, Squid Game dinominasikan untuk program of the year, outstanding achievement in drama dan individual achievement in drama (Lee) untuk penghargaan Television Critics Association, yang akan diumumkan bulan depan.

Dalam hampir setiap nominasi dan kemenangan tersebut, Squid Game mencatatkan sejarah. Untuk Globes, O Yeong-su adalah aktor kelahiran Korea pertama yang memenangi penghargaan tersebut.

Squid Game mendapatkan total 14 nominasi Emmy, termasuk Lee Jung-jae untuk aktor utama. (Foto: Twitter/@squidgame)

Squid Game mendominasi percakapan TV musim gugur, memimpin daftar Top 10 Netflix di AS selama 24 hari dan mencapai No. 1 di 94 wilayah. Menurut streamer tersebut, acara itu menarik 1,65 miliar jam penayangan dalam 28 hari pertama setelah pemutaran perdana pada 17 September 2021.

Hwang sekarang sedang mengerjakan Musim 2 dari Squid Game. Dia baru-baru ini mengatakan kepada Kate Aurthur dari Variety bahwa akhir cerita pada Musim pertama memungkinkan untuk dibuat kelanjutannya. "Ada simpul longgar yang sangat kecil sepanjang musim pertama, hal-hal yang tidak saya simpulkan, dan dimasukkan ke dalam ruang kecil untuk ekspansi lebih lanjut," ujarnya.

Hwang juga mengonfirmasi bahwa Lee akan kembali, demikian pula Lee Byung-hun sebagai Front Man jahat yang mengawasi permainan.

Sementara itu, franchise Squid Game juga telah diperluas dengan adanya kompetisi realitas Squid Game: The Challenge, yang diumumkan bulan lalu sebagai seri kompetisi realitas terbesar yang pernah ada.

Dalam kompetisi realitas itu, seperti dalam serial drama, 456 pemain akan bersaing dalam serangkaian permainan. Dalam hal ini, mereka akan mendapatkan kesempatan memenangi USD 4,56 juta atau sekitar Rp 68,2 miliar. (aru)

Baca Juga:

Fakta Menarik di Balik Keseruan Series ‘Squid Game’

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Tayangan Korea di Viu untuk Sambut Februari
Fun
5 Tayangan Korea di Viu untuk Sambut Februari

Berbagai Tayangan Korea yang tak boleh kamu lewatkan.

Trailer 'Black Panther : Wakanda Forever' Ungkap Sosok Penjahat dan Pahlawan Baru
ShowBiz
Trailer 'Black Panther : Wakanda Forever' Ungkap Sosok Penjahat dan Pahlawan Baru

Selain kejutan dari sosok Ironheart, video berdurasi dua menit ini juga mengungkapkan akan ada sosok Black Panther baru yang seorang perempuan.

Sepatu Seni dengan Material Sustainable
Fashion
Sepatu Seni dengan Material Sustainable

menggunakan kotak kardus bekas sebagai bahan untuk membuat karya seni

Gua Sha Redakan Pembengkakan pada Payudara
Fun
Gua Sha Redakan Pembengkakan pada Payudara

Alat yang biasanya digunakan untuk gua sha adalah batu permata.

'Jalan Ninja' Mengobati Kerinduan Jason Ranti Menyapa Penggemar
ShowBiz
'Jalan Ninja' Mengobati Kerinduan Jason Ranti Menyapa Penggemar

Album baru yang diikuti tur 20 kota di Jawa.

Mengintip Karya Seni Lukis Unik di Tutup Botol Plastik
Fun
Mengintip Karya Seni Lukis Unik di Tutup Botol Plastik

Seorang seniman Jepang mengubah tutup botol yang sederhana menjadi karya seni

Gunung Semeru Erupsi, Siapkan Diri saat Hujan Abu Vulkanis Terjadi
Hiburan & Gaya Hidup
Gunung Semeru Erupsi, Siapkan Diri saat Hujan Abu Vulkanis Terjadi

Letusan gunung berapi tidak bisa dianggap remeh.

Ini Cara Meraih Kuku yang Kuat dan Sehat Menurut Ahli
Fun
'Faerie Afterlight', Game Metroidvania Buatan Anak Indonesia
Fun
'Faerie Afterlight', Game Metroidvania Buatan Anak Indonesia

Game buatan anak Indonesia dari Clay Game Studio.

Agnes Mo Mejeng di Madame Tussauds
ShowBiz
Agnes Mo Mejeng di Madame Tussauds

Peresmian patung lilin Agnez Mo di Museum Madame Tussauds Singapura dilaksanakan, Rabu (5/10).