Musik

Spotify Wrapped 2023: Mengungkap Tahun Penuh Kenangan dan Kejutan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 29 November 2023
Spotify Wrapped 2023: Mengungkap Tahun Penuh Kenangan dan Kejutan
Spotify Wrapped, penampung kenangan. (Foto: Pexels/John Tekeridis)

MENJELANG akhir tahun, penggemar musik menantikan rilis fitur tahunan Wrapped dari Spotify. Fitur ini menawarkan perjalanan nostalgia melalui melodi-melodi yang menggambarkan kondisi 2023.

Spotify, layanan streaming yang terkenal ini, bersiap untuk menyajikan statistik, peringkat, dan rangkuman yang dipersonalisasi kepada para pengguna. Senarai itu meliputi lagu, album, siniar (podcast), artis, dan genre yang paling pengguna sukai sepanjang tahun.

Dikutip oleh laman Capital Xtra, tanggal rilis Wrapped masih dirahasiakan. Namun, tahun-tahun sebelumnya Spotify Wrapped dirilis pada akhir November atau awal Desember. Kemungkinan tahun ini pun akan seperti itu.

Beberapa pengguna telah menerima pemberitahuan 'ping' yang memberikan bocoran tentang peluncuran Wrapped tahun ini.

"Apakah angka tahun ini akan lebih tinggi atau lebih rendah? Semua akan segera terungkap di Wrapped 2023-mu." Begitu isi salah satu notifikasi.

Baca juga:

TikTok Sinkronkan Lagu Favorit di Spotify, Apple Music, dan Amazon Music

Fitur musik yang dapat kamu pilih sesuai selera. (Foto: Pexels/Ivan Samkov)
Fitur musik yang dapat kamu pilih sesuai selera. (Foto: Pexels/Ivan Samkov)

Berlawanan dari laporan sebelumnya, Spotify telah mengklarifikasi bahwa pengumpulan data untuk Wrapped tidak hanya sampai 31 Oktober 2023.

Layanan streaming ini mulai menyusun data pengguna mulai dari 1 Januari 2023 untuk memastikan bahwa fitur 'Wrapped' dapat mencakup gambaran menyeluruh para pendengar sepanjang tahun.

Setelah diluncurkan, pengguna Spotify akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi, diikuti dengan slideshow yang menarik secara visual, dan gambar yang dapat dibagikan untuk membawa penggemar musik melalui tahun yang unik dalam mendengarkan musik secara streaming.

Berkaca dari tahun sebelumnya, Taylor Swift dan Bad Bunny menduduki posisi teratas di Inggris dan global. Lagu yang paling banyak di-streaming tahun lalu di Inggris adalah "As It Was" dari Harry Styles, diikuti oleh "Heat Waves" dari Glass Animals. Lagu-lagu ini juga menduduki tangga lagu global dan Amerika Serikat.

Baca juga:

Perdana, Siaran Langsung 'Spotify Wrapped 2023' di Indonesia

Spotify juga akan memudahkanmu untuk mendapatkan musik yang sesuai dengan kepribadian. (Foto: Pexels/Photomix Company
Spotify juga akan memudahkanmu untuk mendapatkan musik yang sesuai dengan kepribadian. (Foto: Pexels/Photomix Company

Artis-artis seperti Ed Sheeran, Shania Twain, dan Lewis Capaldi juga ikut dalam membagikan statistik Spotify Wrapped mereka untuk tahun 2022 melalui akun media sosialnya. Mereka menunjukkan dampak streaming pada karier musik mereka.

Tahun lalu merupakan momen perdana fitur Your Listening Personality diperkenalkan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat layanan Wrapped dengan menunjukan musik yang paling sering kamu dengarkan dan juga menawarkan wawasan tentang musik lainnya sesuai seleramu melalui daftar 16 tipe Listening Personality.

Seiring dengan dimulainya hitungan mundur, para penggemar musik bersiap-siap untuk peluncuran Spotify Wrapped 2023. Sambil mengharapkan tahun yang penuh dengan kejutan, pengungkapan, dan perayaan beragam genre musik yang telah mewarnai kehidupanmu. (nda)

Baca juga:

Ramadan Hub Spotify 2023 Sajikan Banyak Konten Video

#Media Sosial #Spotify #Musik
Bagikan
Bagikan