Spotify Tingkatkan Kualitas Lagu dengan Spotify HiFi

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 16 Agustus 2021
Spotify Tingkatkan Kualitas Lagu dengan Spotify HiFi
Spotify tingkatkan kualitas lagu dengan Spotify HiFi. (Foto: Unsplash/Alexander Shatov)

LAYANAN streaming musik Spotify menawarkan fitur streaming lossless bernama Spotify Hifi yang akan dirilis akhir 2021. Dengan hadirnya layanan Spotify HiFi, pengguna dapat mendengarkan musik dengan kualitas yang sama dengan yang didengarkan pada CD dengan resolusi di atas 44.1kHz/16-bit.

Seperti dilansir dari laman Music Tech, dengan kualitas terbaik yang dimiliki Spotify HiFi, kecepatan pemutaran sebuah lagu juga akan semakin tinggi. Jika pada layanan berlangganan Spotify Premium tertinggi dibutuhkan 320 kbps untuk mengakses sebuah lagu, pada layanan Spotify Hifi dibutuhkan sekitar 1.411.2kbps.

Baca juga:

Spotify Greenroom, Aplikasi Audio Chat Pesaing Clubhouse


Layanan streaming lossless merupakan salah satu fitur yang paling banyak diinginkan oleh pengguna Spotify. Oleh karena itu, Spotify mengumumkan layanan ini pada awal tahun, tepatnya Februari 2021 di acara Stream On Spotify. Sebelumnya, Spotify juga telah melakukan uji coba ke sebagian kecil pengguna pada tahun 2017.

Spotify Tingkatkan Kualitas Lagu dengan Spotify HiFi
Ikon HiFi di sudut kanan bawah layar saat pengguna sedang mendengarkan musik. (Foto: iPhoneHacks)

Pada acara tersebut, dijelaskan Spotify HiFi nantinya akan diluncurkan di beberapa negara tertentu dengan jumlah terbatas sebelum akan dikembangkan secara global.

Hingga saat ini, Spotify hanya menjelaskan bahwa fitur ini akan dapat digunakan oleh para pengguna pada tahun ini, namun Spotify belum menentukan tanggal lebih jelas terkait perilisan fitur ini.

Nantinya fitur HiFi diperkirakan akan dapat diaktifkan pengguna dengan mengetuk ikon HiFi di sudut kanan bawah layar saat pengguna sedang mendengarkan musik.

Saat pengguna sedang menggunakan fitur ini, terdapat pula penjelasan yang memberitahukan pengguna apakah perangkat yang sedang digunakan kompatibel untuk menggunakan layanan HiFi.

Baca juga:

‘What’s New’, Fitur Anyar Spotify untuk Temukan Lagu dan Podcast Terbaru

Selain itu, Spotify juga akan menginformasikan pengguna apakah pengguna mengakses layanan WiFi atau seluler data yang disertai pula dengan kekuatan koneksi internet pengguna. Sebab saat pengguna mengaktifkan fitur HiFi, kecepatan yang dibutuhkan untuk dapat mendengarkan sebuah lagu menjadi lebih besar.

Spotify Tingkatkan Kualitas Lagu dengan Spotify HiFi
Terdapat pemberitahuan mengenai koneksi internet dan perangkat milik pengguna. (Foto: Mashable)

Namun berselang beberapa bulan, tepatnya Juli 2021 ini Apple Music meluncurkan layanan lossless mendahului Spotify HiFi. Seluruh pengguna Apple Music dapat langsung menikmati layanan ini tanpa diminta biaya tambahan pada paket berlangganan. Menyusul Apple Music, Amazon juga turut mengikuti jejaknya dengan merilis Amazon Music HD.

Kedua layanan tersebut didukung dengan Dolby Atmos untuk mendukung resolusi yang tinggi untuk setiap musik yang didengarkan pengguna. Baik Apple maupun Amazon menawarkan resolusi 192kHz/24-bit saat pengguna mendengarkan musik dalam layanan streaming mereka. (cit)

Baca juga:

Kerja Bareng dengan Pihak Ketiga, Spotify Kembangkan Fitur Baru

#Spotify #Streaming Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan