Spotify Suntik Mati Game ‘Heardle’

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 16 April 2023
Spotify Suntik Mati Game ‘Heardle’
Heardle akan ditutup 5 Mei. (Foto: Spotify)

BARU saja dibeli pada pertengahan 2022, kini Spotify mengabarkan mereka akan menutup layanan game tebak musik Heardle. Game itu terinspirasi Wordle yang menawarkan pemain untuk mencoba menebak lagu populer.

Namun, ketimbang mengetikkan huruf untuk membentuk suatu kata seperti pada Wordle, pemain akan diminta untuk mendengarkan sebuah intro lagu dan menebak artis serta judul lagu itu, ungkap TechCrunch, Jumat (14/4).

Saat diakuisisi, Spotify mengatakan Heardle akan tetap bebas dimainkan untuk semua orang. Sekarang, perusahaan itu mengatakan akan menghentikan Heardle pada 5 Mei 2023. Tujuannya tak lain karena mereka ingin fokus pada misi lain seputar penemuan musik.

Baca juga:

Rasanya Kena Teror Merinding di Spotify

Pemberitahuan Heardle akan ditutup. (Foto: Heardle)

Keputusan untuk menutup Heardle sejatinya cukup masuk akal, karena Spotify ingin mencurahkan lebih banyak perhatian dan energinya untuk penemuan musik melalui perubahan aplikasinya baru-baru ini, bukan mengembangkan game yang terinspirasi Wordle.

Sebelumnya, Spotify meluncurkan desain ulang yang signifikan dari pengalaman aplikasi selulernya yang memperkenalkan laman 'feed' ala TikTok. Namun, laman itu untuk musik dan podcast bersama dengan fitur lainnya, seperti Smart Shuffle untuk rekomendasi daftar putar dan opsi putar otomatis podcast baru.

Selain itu, perusahaan juga akan meluncurkan AI DJ yang akan mampu mencari tahu jenis musik apa yang disukai oleh pengguna, lalu memutar trek itu sebagai sebuah playlist. Fitur itu akan semakin pintar dari waktu ke waktu semakin pengguna terlibat dengan aplikasinya.

Sehubungan dengan pembaruan ini, Heardle tidak lagi menjadi bagian utama dari keseluruhan upaya penemuan musik Spotify. Heardle, bagaimanapun, masih cukup populer pada saat diakuisisi. Menurut data dari Similarweb, game itu memuncak pada 69 juta kunjungan desktop dan web bulanan pada Maret 2022.

Baca juga:

Spotify Segera Hadirkan 'Audiobooks'

Spotify ingin fokus pada sektor lain. (Foto: Unsplash/Fath)

Tepat sebelum kesepakatan Spotify, kunjungan ke game tersebut turun menjadi 41 juta. Mungkin saja mereka terus menurun, membuat pemeliharaan berkelanjutan Heardle tidak lagi menjadi langkah yang solid.

Di dalam game, setelah pengguna menebak lagunya, mereka dapat mengklik tombol untuk mendengarkan lagu lengkapnya di Spotify. Mungkin tidak cukup banyak pengguna yang melakukannya, malah keluar dari game untuk bermain lagi nanti.

Dengan kata lain, Heardle pada akhirnya tidak membantu Spotify mencapai tujuannya seputar peningkatan penemuan musik. Situs web akan menampilkan spanduk kepada pengguna yang memberi tahu mereka tentang penutupan pada 5 Mei 2023. (waf)

Baca juga:

Rayakan Keragaman Musik Indonesia Lewat Spotify Musik Indonesia Identitasku

#Spotify
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan