Spotify Kini Bisa Buatkan Daftar Lagu Berdasarkan Jarak Perjalanan Aplikasi musik ternama Spotify kedatangan fitur baru (Foto: Pixabay/Stocksnap)

SPOTIFY kembali membuat fitur baru untuk penggunanya bernama Soundtrack your Ride. Berintegrasi dengan Google Maps, fitur tersebut nantinya membuatkan daftar lagu sesuai dengan jarak dan waktu perjalananmu.

Fitur Soundtrack your Ride bisa digunakan melalui Spotify. Setelah masuk ke halaman Soundtrack your Ride, pengguna diminta untuk memasukkan titik awal dan akhir perjalanan. Google Map kemudian akan menghitung jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

Baca juga:

Spotify Kids, Aplikasi Streaming Musik Ramah Anak

Spotify Kini Bisa Buatkan Daftar Lagu Berdasarkan Jarak Perjalanan
Soundtrack you Ride buatkan daftar lagu untuk perjalananmu (Foto: Spotify)

Nantinya Spotify akan memberikan kuis yang akan membantu mereka memilih lagu yang tepat. Dilansir dari laman The Verge, contoh pertanyaan yang ditanyakan yaitu genre favoritmu saat dalam perjalanan. Entah itu pop, rock, hip-hop, country, indie, EDM atau 'mood'.

Spotify juga menyuruh pengguna memilih lagu mana yang menurutnya tepat untuk menemani perjalanan mereka. Lagu yang menjadi opsi yaitu Bohemian Rhapsody, A Thousand Miles, Ridin' Solo, Life is a Highway, Body Like a Back Road, atau Sucker.

Baca juga:

Mengenal City Pop, Genre Musik yang Kembali Bangkit dari Era 80an

Jika telah selesai menjawab semua kuis yang diberikan, Spotify akan secara otomatis menambahkan daftar lagu bernama My Roadtrip Playlist. Pengguna nantinya dapat menjawab ulang kuis yang diberikan untuk membuat daftar lagu baru atau membagikannya ke media sosial.

Meski fitur ini terkesan mempermudah pengguna Spotify yang ingin pergi jauh, tapi kenyataannya tak seperti itu. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fitur ini hanya dapat diakses melalui situs Spotify saja tidak bisa di gawai atau ponselmu.

Spotify Kini Bisa Buatkan Daftar Lagu Berdasarkan Jarak Perjalanan
Soundtrack your Ride tidak dapat diakses di ponsel pintar (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)

Artinya pengguna yang kelupaan akan kesulitan membuat daftar lagu saat sedang perjalanan. Ditambah lagi dengan adanya kuis yang harus dijawab. Lebih parahnya, halaman fitur Soundtrack your Ride tak bisa diakses di ponsel pintar.

Selain itu, Soundtrack your Ride baru bisa digunakan di Amerika Serikat saja. Pengguna Spotify di negara lain memang bisa mengakses halaman fitur Soundtrack your Ride, tetapi lokasi yang bisa dimasukkan hanyalah lokasi-lokasi di Amerika Serikat saja.

Akan tetapi tak menutup kemungkinan Spotify akan mengembangkan fitur ini lebih lanjut. Entah dengan membuatnya dapat diakses melalui aplikasi Spotify baik di PC maupun di ponsel pintar. Atau juga menerima lokasi dari negara-negara lain. (sep)

Baca juga:

iPhone 12, Dilengkapi 4 Kamera dan Konektivitas 5G?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH