Spotify Hadir di Xbox One, Ini Kelebihannya Spotify kini ada di Xbox (Foto: Spotify)

SEJAK Selasa (8/8) Spotify tersedia di Xbox Store dengan nama "Spotify for Xbox", yang dapat diunduh untuk digunakan di Xbox One kesayangan. Sayangnya, hanya 34 negara* yang mendapatkan fasilitas ini, Indonesia tidak termasuk salah satunya. Jangan sedih, jika Anda punya kerabat yang memiliki Xbox One di 34 negara tersebut, Anda bisa mencoba fitur ini kok. Berikut kelebihan Spotify for Xbox.

1. Putar musik sambil main gim

Anda dapat bermain gim (game) sambil menyetel musik dari Spotify, free atau pun premium. Bagi para pengguna free, ada sekitar 30 juta lagu yang bisa dinikmati. Lagu-lagu tersebut akan menjadi latar belakang musik gim, tanpa mengganggu permainan gim Anda.

2. Jelajah lagu dengan pengontrol gim

Anda dapat mencari musik-musik pilihan berdasarkan nama lagu, album, artis, maupun daftar putar (playlist). Daftar putar ini juga dapat dipilih berdasarkan genre, mood, atau yang baru rilis, sama seperti versi desktop. Anda pun dapat membuat daftar putar sendiri.

Sebagai tambahan, Spotify telah membuat daftar putar khusus untuk bermain gim. Tak ketinggalan, daftar putar gim ala Lawrence "Larry" Hryb atau yang juga dikenal sebagai Major Nelson. Pencarian, pemilihan, dan pengumpulan lagu dapat dilakukan melalui Xbox One gamepad.

3. Kendali dari perangkat seluler

Jika kesulitan memilih dengan gamepad, Anda bisa menggunakan perangkat seluler. Dengan "Spotify Connect", Anda bisa mengendalikan bahkan mendengarkan lagu dari gawai (gadget). Untuk melakukannya, pastikan gawai dan Xbox One terkoneksi pada jaringan internet yang sama, selain tentunya Anda juga harus memiliki aplikasi Spotify pada gawai.

Aplikasi Spotify for Xbox ini juga mendukung pemutaran lagu dengan kualitas streaming lebih tinggi, yakni 320 kbps. Seperti diketahui, ada tiga kualitas streaming yang ditawarkan Spotify, yaitu 96 kbps untuk perangkat mobile, 160 kbps untuk desktop dan pemutaran melalui web, serta 320 kbps untuk layanan premium (desktop maupun mobile).

Layanan Spotify pada konsol gim sebenarnya bukan hal baru. Pesaing Xbox, yakni Playstation, sudah melakukannya sekitar tiga tahun lalu, meski kualitas streaming pada Playstation 3 dan 4 dikeluhkan tidak sebaik versi desktop. Xbox sendiri sebelumnya juga sudah memiliki layanan pemutar musik, yakni Groove dari Microsoft, perusahaan pembuat Xbox. (*)

-

*) Amerika Serikat, Argentina, Australia, Austria, Belanda, Belgia, Brazil, Ceko, Chile, Denmark, Finlandia, Hong Kong, Hongaria, Inggris, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Kolumbia, Meksiko, Norwegia, Polandia, Portugal, Prancis, Selandia Baru, Singapura, Slovakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Turki, Yunani

-

Baca juga artikel teknologi lainnya di sini: Begini Cara Pembuatan Film Sebelum Adanya Teknologi CGI


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE