Musik

Spotify dan Kakao M Perpanjang Kontrak

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 13 Maret 2021
Spotify dan Kakao M Perpanjang Kontrak
Kembali diperpanjang setelah adanya kesalahpahaman. (Foto: Dexerto)

SETELAH ramai dibicarakan di media sosial awal bulan lalu, Spotify dan Kakao M akhirnya mengumumkan kesepakatan baru. Dengan begitu, konten-konten yang ada di Kakao M kembali tersedia di platform Spotify di seluruh dunia.

“Kami senang karena konten dan artis Kakao Entertainment Corp telah kembali di Spotify. Memberikan kesempatan kepada lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara untuk mendengarkan lagu yang mereka sukai,” kata juru bicara Spotify seperti dilansir ANTARA.

Hal serupa juga diungkapkan juru bicara Kakao Entertainment. Mereka mengatakanp erusahaan telah mencapai kesepakatan dengan Spotify dan akan menyediakan konten musik mereka di Spotify untuk layanan di dalam dan luar Korea Selatan.

“Melalui kemitraan yang beragan di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pecinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses artisnya dan konten musiknya menikmati K-pop,” tutur pihak perusahaan.

Baca juga:

Mendengar Musik Sambil Bernyanyi dengan Fitur Baru Spotify

Spotify dan Kakao M Perpanjang Kontrak
Beberapa lagu dari musisi Korea Selatan sempat hilang di Spotify. (Foto: Koreaboo)

Peristiwa ini sempat ramai karena pada awal Maret lalu, sederet lagu K-pop tidak tersedia di Spotify. Meski mereka berusaha keras selama 1,5 tahun terakhir, mereka gagal memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M. Kejadian ini pun berujung pada dihapusnya semua lagu yang didistribusikan label besar Korea itu.

Di sisi lain, Kakao M mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa pihak Spotify lah yang tidak memperpanjang kesepakatan mereka, meski Kakao M telah memintanya.

“Tidak terakit dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify. Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk penyediaan musik,” kata pihak Kakao M melansir Soompi.

Baca juga:

Kata Kakao M Soal Lagu K-pop yang Hilang di Spotify

Spotify dan Kakao M Perpanjang Kontrak
Beberapa lagu yang hilang awalnya belum sempat kembali. (Foto: GIZGUIDE)

Dalam pernyataan kepada NME, juru Kakao M tidak akan lagi tersedia per 1 Maret 2021 karena lisensinya sudah kedaluarsa.

Kami sudah bekerja sama dengan Kakao M selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musk dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia,” kata juru bicara Spotify.

Saat kontraknua diperpanjang, Kamis (11/3), sejumlah lagu K-pop yang hilang belum kembali ke Spotify, seperti Golden Child, BTOB, The Boyz, ASTRO, VICTION, dan masih banyak lagi. (and)

Baca juga:

Spotify Buktikan K-Pop Kian Mendominasi Dunia Musik

#Musik #Spotify
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan