Teknologi

Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 27 April 2021
Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer
(cover) Spotify dan Facebook luncurkan Miniplayer. (Foto Unsplash_neonbrand)

PLATFORM media sosial Facebook berusaha membuat para penggunanya betah. Demi menahan para pengguna tetap di halaman mereka, Facebook melakukan kerja sama dengan Spotify. Hasilnya ialah sebuah miniplayer untuk kolom News Feed. Miniplayer tersebut membuat para pengguna dapat memutar musik dan siniar dari Spotify di dalam aplikasi Facebook.

The Verge, Senin (26/4), mengabarkan kini berbagai konten audio dari Spotify dapat dibagikan ke Facebook. Setelah konten audio itu tampil di Facebook, pengguna dapat memutar lagu dan mendengarkannya, bahkan saat mereka menjelajahi laman News Feed.

BACA JUGA:

WhatsApp Perbarui Fitur Hapus Pesan Otomatis

Fitur baru tersebut akan tersedia di sistem operasi iOS dan Android di sekitar 27 negara, termasuk Amerika Serikat, yang menjadi negara pertama yang dapat menggunakan layanan tersebut. Spotify juga akan memperluas cakupan penggunaan fitur tersebut di banyak negara dalam beberapa bulan mendatang.

Pengguna juga akan mendapatkan sebuah miniplayer untuk video dengan musik di dalamnya. Nantinya, tombol putar akan muncul setelah video selesai diputar dan pengguna dapat kembali melanjutkan mendengarkan lagu yang sedang mereka dengarkan.

spotify
Miniplayer dapat memudahkan pengguna dalam memutar lagu di aplikasi Facebook. (Foto The Verge_Spotify)

Saat lagu yang dibagikan telah berakhir Spotify akan terus memutar musik, namun secara acak dan berdasarkan rekomendasi dari Spotify, seperti yang biasa dilakukan Spotify di aplikasinya. Pengguna dengan akun gratis akan tetap mendengarkan iklan di antara lagu yang diputar.

Iklan tersebut merupakan iklan-iklan yang biasa ada pada Spotify. Namun, Facebook akan menerima sejumlah data mengenai jenis akun spotify dari pengguna, termasuk jenis langganan dan metrics agar Facebook dapat menilai kinerja miniplayer.

Spotify mengatakan pembagian data tersebut tidak akan digunakan untuk menargetkan iklan. Pendengar harus menyetujui pernyataan pembagian data saat mereka pertama kali memutar lagu melalui Facebook.

facebook
Fitur ini merupakan sebuah cara untuk memanfaatkan minat pengguna pada konten audio. (Foto Unsplash_brett jordan)

Kemitraan itu terwujud setelah adanya permintaan konten audio yang lebih besar dari Facebook. Baru-baru ini, perusahaan tersebut juga mengumumkan beberapa fitur baru, seperti fitur Live Audio Rooms untuk menyaingi aplikasi Clubhouse. Selain itu Facebook juga meluncurkan fitur klip suara pendek yang dapat dibagikan. Mereka menyebutnya Soundbites.

CEO Facebook Mark Zuckerberg menekankan untuk memanfaatkan minat banyak pengguna kepada siniar. Kemitraan ini menjadi salah satu cara agar para pengguna dapat mendengarkan berbagai konten audio tanpa harus membuang waktu untuk berpindah-pindah aplikasi.(kna)

BACA JUGA:

Ini Kata Kominfo Soal Penandaan Massal Link Pornografi di Facebook

#Teknologi #Facebook #Spotify
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan