Spotify Buktikan K-Pop Kian Mendominasi Dunia Musik

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 24 Februari 2020
Spotify Buktikan K-Pop Kian Mendominasi Dunia Musik
K-Pop Kian mendominasi dunia musik (Foto: istimewa)

SPOTIFY telah mendukung musik K-Pop secara besar-besaran sejak peluncuran playlist khusus K-Pop pertama, 'K-Pop Daebak' pada 2014. Hari ini layanan streaming audio terpopuler di dunia itu, mengungkapkan serangkaian data statistik dan tren yang menunjukkan bagaimana dunia telah benar-benar jatuh hati pada K-Pop.

Sejak 2014 hingga Januari 2020, para pendengar dan pecinta K-Pop di Spotify meningkat lebih dari 1.800 persen dan playlist 'K-Pop daebak' sudah mempunyai lebih dari 2,4 juta pengikut. Lalu menariknya lagi, musik K-Pop telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify.

Baca Juga:

Troye Sivan Akan Berkontribusi di Album Baru BTS? Jadi Apa Yah?

BTS salah satu grup Kpop yang mendominasi dunia musik (foto: istimewa)

Selain itu, grup K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify yakni BTS, meraih pencapaian yang cukup fantastis. BTS merupakan artis Asia pertama yang lagunya diputar lebih dari 5 miliar kali di Spotify.

Per Februari 2020, lagu-lagu BTS sudah diputar lebih dari 8 miliar kali. Bahkan sepanjang 2019 saja, lagu-lagu dari grup ini sudah diputar lebih dari 3 miliar kali. Selain itu pada 2017, BTS menjadi artis K-Pop pertama yang sukses masuk Global 50 Chart Spotify lewat lagu DNA.

Saat ini lagu BTS Boy With Luv featuring Halsey, menjadi lagu K-pop yang paling sering diputar di Spotify, yakni lebih dari 380 juta kali. Prestasi tersebut dicapai kurang dari satu tahun, mengingat lagu itu baru saja dirilis pada April 2019.

Melihat sejumlah prestasi tersebut, Kossy Ng, Head of Artist and Label Marketing di Asia menuturkan, jika popularitas K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, hal itu terbukti pada data yang ada di Spotify. Kossy juga menambahkan jika potensi K-Pop sangat ditinggi untuk para pecinta musik di seluruh dunia

“K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi sangat baik dengan para pendengar musik di seluruh dunia. Para penggemar K-Pop adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif. Selain itu, cara fandom K-Pop berkomunikasi dan terhubung satu sama lain sangatlah berbeda. Tak diragukan lagi jika popularitas K-Pop akan terus tumbuh," ucap Kossy seperti rilis yang diterima merahputih.com, Senin (2/24).

Adapun data-data menarik tentang K-Pop di Spotify, Hingga hari ini lagu K-Pop telah diputar lebih dari 41 miliar kali di Spotify. 53 persen pendengar K-Pop berusia 18 - 24 tahun dan 73 persen pendengar K-Pop adalah perempuan. Data lainnya, pengguna Spotify di seluruh dunia telah menambahkan lagu K-Pop ke lebih dari 96 juta playlist.

Baca Juga:

Check It Out! Line Up Fase 1 We The Fest 2020

Indonesia termasuk salah satu negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop (Foto: istimewa)

Sementara itu Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Jepang, Brasil, Meksiko, Thailand, Malaysia, Kanada, dan Singapura secara berurutan berada di peringkat teratas 10 negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop saat ini (dalam 90 hari terakhir).

Lagu K-Pop diputar di 79 negara di mana Spotify beroperasi. Pertumbuhan jumlah streamingnya pun sangat besar di negara-negara berikut, antara lain yakni Mesir (33%), Vietnam (30%), Prancis (13%), dan Kolombia (8%).

Untuk artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputari Spotify antara lain yakni BTS, BLACKPINK, EXO, TWICE, Red Velvet, BIGBANG, SEVENTEEN, Monsta X, iKON, dan NCT 127.

Selanjutnya untuk lagu K-Pop Terpopuler di Spotify periode Januari 2014 - Januari 2020 antara lain yakni Boy With Luv - BTS feat Halsey, Kiss and Make Up - BLACKPINK feat Dua Lipa, FAKE LOVE - BTS, Kill This Love - BLACKPINK dan DNA - BTS

Nah, itu dia beberapa data-data yang menjelaskan jika K-Pop semakin mendominasi dunia musik. Lantas apakah tahun 2020 ini K-Pop masih tetap berjaya? Hmm, kita lihat saja nanti. (Ryn)

Baca Juga:

Java Jazz Festival 2020 Segera Digelar, Ini Daftar Lineupnya

#Spotify #KPop #Kpop Idol
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan