Spotify Buat Pengguna dapat Mematikan Rekomendasi Personalisasi

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 05 Desember 2023
Spotify Buat Pengguna dapat Mematikan Rekomendasi Personalisasi
Spotifiy kabarnya akan membuat fitur baru yang berhubungan dengan personalisasi penggunanya. (Pixabay/MIH83)

SPOTIFY agaknya sedang menguji coba opsi untuk menonaktifkan rekomendasi yang dipersonalisasi. Dilansir dari MacRumors bahwa diketahui dari kode yang terlihat di versi beta salah satu aplikasi Spotify. Sayangnya untuk saat ini belum ada yang tahu bagaimana fitur ini bekerja jika diluncurkan pada pengguna.

Menurut Techradar, rekomendasi ini didasari pada riwayat dan kebiasaan pengguna dalam menggunakan Spotify. Bisa jadi sebagian besar orang ingin tetap mengaktifkannya untuk melihat lebih banyak musik yang sesuai dengan seleranya. Tanpa personalisasi, mungkin rekomendasi yang diberikan adalah yang sedang tren dan populer, atau dipilih oleh staf Spotify.

Baca Juga:

YouTube Premium Sertakan Fitur AI Baru yang Memikat Pengguna Berlangganan

tekno
Daftar lagu dari streaming layanan penyedia musik dan lagu bisa jadi tidak akan terpersonalisasi. (Pixabay/kaipilger)

Tampaknya ini akan menjadi tambahan opsional bagi pengguna, jadi rekomendasi yang dipersonalisasi sama sekali tidak akan hilang.

Fitur ini mungkin juga berguna jika ada orang lain (seperti anak-anak) yang menggunakan akun Spotify. Meskipun sebenarnya fitur Taste Profile dapat membantu pengguna memodifikasi cara kerja rekomendasi, sampai batas tertentu.

Secara default, Spotify tetap mengawasi semua yang pengguna lakukan di aplikasi. Tentunya untuk memastikan pengguna tidak akan pernah kekurangan sesuatu untuk didengarkan. Misalnya pengguna dapat membuat daftar putar secara otomatis melanjutkan musik terkait. Rekomendasi berbasis algoritme ini juga berlaku untuk buku audio dan podcast Spotify.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak ingin dikendalikan dengan algoritma atau AI. Bahkan tidak ingin Spotify mengawasi setiap daftar putar yang mereka putar atau keduanya.

Baca Juga:

Google Siap Hapus Massal Akun Gmail Nonaktif

tekno
Belum ada info lanjutan mengenai fitur baru pada Spotify. (Pixabay/stocksnap)

Sampai saat ini tidak ada info lanjut tentang fitur ini. Beberapa sumber berita hanya dapat berandai-andai mengenai rumor ini dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Fitur semacam inilah yang dapat menciptakan yang banyak orang kenal sebagai Spotify Wrapped 2023. Memberi pengguna wawasan mendalam tentang semua lagu yang telah pengguna putar selama bertahun-tahun dan mungkin memunculkan beberapa tren mendengarkan yang mungkin tidak akan pengguna catat.

Terkait hal ini, kamu bisa pantengin berita-berita tentang Spotify, bisa saja ada update terbaru tentang isu ini di kemudian hari. (aqb)

Baca Juga:

ChatGPT Tidak Sengaja Membuka Nomor Telepon dan Alamat Email

#Musik #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan