Disneyland Ubah Wahana Splash Mountain Wahana Splash Mountain akan berubah tema (Foto Disneyland & IMDb)

SPLASH Mountain, salah satu atraksi populer di happiest place on earth akan berganti tema. Berdasarkan rilis pers, Kamis (25/06), pihak Disney menyampaikan wahana Splash Mountain di Disneyland dan Disney World akan berubah tema menjadi Princess and the Frog.

Atraksi Splash Mountain terinspirasi dari film animasi sekaligus live action Disney berjudul Song of the South. Namun, selama ini film tersebut mendapat kecaman karena masalah stereotipe rasialisme. Film yang dirilis pada 1946 itu seolah-olah mengagungkan budaya perbudakan dan kiasan rasialis untuk menggambarkan orang kulit hitam.

BACA JUGA:

Mengenal Subak yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Melansir Teen Vogue, sudah ada 20 ribu orang yang menandatangani petisi melalui laman Change.org agar tema Splash Mountain di Disney World, Disneyland, dan Tokyo Disneyland diubah. Terlebih semenjak gerakan Black Lives Matter yang makin memanas, makin banyak orang memaksa Disney untuk mengubah tema itu.

Selama ini para putri Disney berkulit putih, seperti Ariel, Elsa, Anna, Cinderella, dan Snow White, memiliki atraksi sendiri. Namun, tidak ada wahana khusus untuk putri berkulit hitam.

Oleh sebab itu, banyak orang meminta tema Splash Mountain diganti menjadi Princess of the Frog karena karakter utamanya ialah Tiana, putri kulit hitam pertama dari Disney.

disney
Konsep baru wahana Splash Mountain.(Foto Instagram@anikaaroundtheworld)

Nantinya tema baru atraksi ini akan diambil dari cerita setelah ciuman cinta sejati antara Pangeran Naveen dan Putri Tiana. Kisahnya akan mengikuti Tiana dan Louis, teman aligatornya, dalam petualangan musikal. Hiasan latarnya akan didasari suasana New Orleans dan rawa Louisiana.

Saat menanggapi kabar tersebut, Anika Noni Rose, pengisi suara Tiana, mengungkapkan rasa bahagianya. "Sangat menyenangkan mengetahui bahwa kehadiran Putri Tiana di Disneyland dan Magic Kingdom akhirnya akan terwujud," tulisnya dalam unggahan Instagramnnya.

Disney berharap renovasi Splash Mountain ini membuat pengunjung bisa lebih terhubung dan terinspirasi dengan keberagaman yang ada di tamannya.(sam)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH