Spike Lee Dipercaya jadi Presiden Juri Festival Film Cannes 2021

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 17 Maret 2021
Spike Lee Dipercaya jadi Presiden Juri Festival Film Cannes 2021
Spike Lee dipercaya jadi Presiden Juri Festival Film Cannes 2021. (Foto: Instagram/officialspikelee)

PADA Festival Film Internasional Cannes tahun ini, Spike Lee dipercaya untuk memimpin juri dalam kompetisi. Sebelumnya Lee telah sempat ditunjuk untuk menjadi juri pada festival tahun 2020 lalu, namun akhirnya terpaksa harus dibatalkan karena adanya pandemi COVID-19, seperti yang dilaporkan oleh The Hollywood Reporter, Rabu (17/3)

"Setia pada komitmennya, sutradara Amerika itu berjanji untuk mendukung festival tersebut sekembalinya ke Croisette," tulis pihak festival Cannes dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga:

Oscars 2021 akan Dihelat di Tempat Terpisah

"Ditunda tahun lalu karena krisis kesehatan, Festival de Cannes meresmikan dekade baru ini dengan presiden juri yang luar biasa, salah satu sutradara terhebat di generasinya, serta penulis skenario, aktor, editor, dan produser. Selama 30 tahun, Spike Lee yang tak kenal lelah telah menjadi penulis kronik yang cerdik dari pertanyaan-pertanyaan pada masanya, dengan pendekatan kontemporer yang tegas yang tidak pernah tanpa kesembronoan dan hiburan," lanjutnya.

k

Dikutip dari Antara, Rabu (17/3), festival 2021 ini menjadi ke-74 kalinya festival tersebut digelar. Festival 2021 ini rencananya akan berlangsung mulai Selasa 6 Juli hingga Sabtu 17 Juli yang sebelumnya dijadwalkan digelar pada Mei, namun ditunda karena masalah keamanan seputar pandemi.

"Festival akan memiliki kesempatan untuk menguraikan secara lebih rinci edisi ke-74 dalam beberapa minggu mendatang. Official Selections dan komposisi juri akan diumumkan awal Juni." kata penyelenggara.

Baca juga:

Karena COVID-19, Ini Prediksi Pemenang dan Nominasi Piala Oscar 2021

Ada rumor beredar bahwa Marche du Film yang secara tradisional biasanya digelar bersamaan dengan festival Cannes, akan diadakan lebih awal. Dari yang biasanya digelar pada bulan Mei, kabarnya akan dilakukan secara daring.

Jadwal perhelatan festival Cannes berarti akan berjarak kurang dari dua bulan sebelum Festival Venesia, saingan utama Cannes yang akan berlangsung pada 1-11 September.

Festival Cannes berjarak dua bulan dari Festival Venesia. (Foto: Unsplash/denise jans)
Festival Cannes berjarak dua bulan dari Festival Venesia. (Foto: Unsplash/denise jans)

"Selama berbulan-bulan ketidakpastian yang baru saja kami alami, Spike Lee tidak pernah berhenti menyemangati kami," ujar direktur festival Cannes, Thierry Frémaux.

"Dukungan ini akhirnya membuahkan hasil dan kami tidak dapat mengharapkan kepribadian yang lebih kuat untuk memetakan masa-masa sulit kami. Antusiasme dan hasratnya terhadap sinema telah memberi kami dorongan besar energi untuk mempersiapkan festival hebat yang telah ditunggu semua orang. Kami tidak bisa menunggu!," pungkas Fremaux. (Kna)

Baca juga:

Ketika Banyak Musisi Absen dari Grammy Awards 2021

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan