Games

Spesifikasi Xbox Series X Memudahkan Para Pembuat Video Game

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 10 Mei 2020
Spesifikasi Xbox Series X Memudahkan Para Pembuat Video Game
Developer mengakui sangatlah mudah dalam membuat game di Xbox Series X (Foto: YouTube/Xbox)

TIDAK hanya calon pemain yang nampaknya akan dipuaskan dengan konsol terbaru dari Microsoft di tahun 2020 ini. Para pengembang atau pembuat video game juga memuji kekuatan (spesifikasi teknologi) dari konsol Xbox Series X.

Dihadirkan dengan fitur ray tracing dan performa paling mutakhir, mahakarya teranyar Microsoft tersebut akan memudahkan para pembuat video game untuk mengembangkan game berat berbasis open world tanpa harus mengkhawatirkan memori (RAM) pada konsol.

Baca juga:

Sony Perkenalkan Controller DualSense untuk PlayStation 5

Seperti yang dilaporkan laman Screen Rant, perwakilan dari developer game Deep Silver Fishlabs Johannes Kuhlmann memuji kemampuan Xbox Series X dalam meningkatkan performa juga kualitas di dalam game.

Spesifikasi Xbox Series X Mudahkan Para Pembuat Video Game
Konsol game terbaru dari Microsoft, Xbox Series X (Foto: Xbox Wire)

Ketika membuat game yang akan dirilis untuk Xbox Series X, timnya tidak mendapatkan satupun keluhan (perfoma) saat melakukan tes untuk game ke konsol tersebut. Hal tersebut juga membuat developer akan lebih mudah dalam membuat game dengan jangka waktu yang lebih singkat.

"Saya harus mengakui bahwa transisi antara Xbox One ke Xbox Series X membuat saya lebih bebas. Saya tak perlu khawatir dengan frame rate, dan bahkan konsol Xbox Series X bisa menekan frame rate tertinggi. Jadi sangatlah mudah bagi kami dalam membuat game di konsol ini," ujar Kuhlmann pada sesi wawancara dengan Eurogamer.

Studio Deep Silver Fishlabs akan membuat game bertajuk Chorus untuk Xbox Series X. Game bergenre aksi tersebut bercerita tentang pilot bernama Nara yang menjelajahi planet menyeramkan dan penuh akan ancaman.

Baca juga:

Penuh Aksi, Simak World Premier Trailer untuk Game Assassin's Creed Valhalla!

Game Chorus adalah satu game yang nantinya bisa dimainkan di konsol Xbox One dan Xbox Series X, artinya pemain tak perlu membeli game yang sama untuk platform yang berbeda.

Perbedaannya, pada Xbox Series X game akan dihadirkan dengan fitur Smart Delivery. Sehingga pemain dapat menikmati game Chorus dengan performa terbaik, 60 frame per detik di resolusi 4K serta visual yang lebih apik dengan fitur ray tracing.

Spesifikasi Xbox Series X Mudahkan Para Pembuat Video Game
Xbox Series X memiliki performa tinggi hingga memudahkan pegembang game (Foto: YouTube/Xbox)

Deep Silver Fishlabs menyatakan bahwa mereka tidak memerlukan waktu lama untuk membuat seluruh adegan dalam game. Ini bisa terjadi karena mereka tak lagi memikirkan banyak 'penyesuaian' pada X-box Series X.

Dengan performa tertinggi yang pernah Microsoft buat, developer mungkin akan lebih berminat untuk membuat game di konsol ini dibandingkan konsol pesaingnya, PlayStation 5. Apakah konsol game besutan Sony tersebut dapat mengalahkan Microsoft X-box Series X? Kita tunggu jawabannya saat Playstation 5 resmi dirilis. (dnz)

Baca juga:

Produksi Playstation 5 dan Xbox series X Ikut Tertunda Akibat Penyebaran Virus Corona

#Game #Xbox #Video Game #Konsol Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan