Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 22 Desember 2021
Spesifikasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol
Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12). Foto: Dok PT Jakarta Propertindo

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, sebagai sirkuit Formula E. Direncanakan ajang balap mobil berenergi listrik itu dilaksanakan 4 Juni 2022 mendatang.

Keputusan penentuan lokasi ajang balap mobil listrik ini berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Formula E Operation (FEO), dan Federasi Otomotif Indonesia (FIA).

Baca Juga

Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol

Adapun spesifikasi sirkuit Formula E, yakni untuk lintasan sepanjang 2,4 kilometer (km), lebar lintasan 15 meter, terdapat 18 tikungan, dan trek lurus sepanjang 600 meter.

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni mengatakan, sirkuit tersebut akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA. Rencananya, sirkuit akan selesai pada Bulan April 2022 mendatang.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang," kata Ahmad Sahroni di Jakarta, Rabu (22/12).

Baca Juga

PSI dan NasDem Ribut Gegara Ahmad Sahroni Jabat Ketua Pelaksana Formula E

Sahroni juga menegaskan, pembangunan track ini menggunakan dana dari Jakpro, yang nantinya akan juga melibatkan sponsor. Jadi, tidak ada pendanaan dari APBD dalam pembangunan ini.

"Yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan. Jadi semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan track yang permanen sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun,” sambungnya.

Anggota DPR ini juga menjelaskan, pemilihan venue ini tidak lepas dari masukan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang ingin menghadirkan sarana sirkuit bagi masyarakat Jakarta.

"Karena seperti kita ketahui, memang saat ini masih belum ada sarana balapan di ibu kota, jadi harapannya kehadiran sirkuit ini bisa menjadi jawaban,” tutup Sahroni. (Asp)

Baca Juga

Lokasi Sirkuit Formula E Mengerucut ke 2 Tempat, Wagub DKI: Segera Diumumkan

#Breaking #Formula E
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan