Spesifikasi Pesawat G-36 Bonanza

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 07 September 2022
Spesifikasi Pesawat G-36 Bonanza
Spesifikasi Pesawat G-36 Bonanza (Foto: Puspenerbal)

PESAWAT latih jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jawa Timur, Rabu (7/9).

Menurut keterangan pers Dispend Koarmada II, pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat Konvoi KRI melaksanakan latihan Anti Serangan Udara (Air Defense Exercise). Pesawat Bonanza sedang berperan sebagai penyerang.

"Penyebab jatuhnya pesawat T-2503 masih belum diketahui," tulis rilis dari Dispen Koarmada II yang diterima Merahputih.com, Rabu (7/9).

Baca Juga:

Wow, Semua Warga Komplek Ini Punya Pesawat di Garasi

Pesawat G-36 Bonanza merupakan pesawat penerbangan umum Amerika Serikat, yang diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Beech Aircraft Corporation of Wichita (Beechcraft), Kansas (Foto: beechraft)

Untuk menangani kecelakaan tersebut TNI Angkatan Laut mengerahkan 13 KRI, 1 KAL, 1 Tim Kopaska, dan 1 Tim Penyelam yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II.

Pesawat G-36 Bonanza diproduksi oleh Beechcraft. Seperti dikutip situs resmi Beechcraft, pesawat G-36 Bonanza merupakan pesawat penerbangan umum Amerika Serikat, yang diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Beech Aircraft Corporation of Wichita (Beechcraft), Kansas.

Lebih dari 17.000 Bonanza dari semua varian telah dibuat, diproduksi dalam bentuk V-tail yang khas dan juga konfigurasi tail konvensional.

Pada tahun 1982 produksi V-tail Bonanza berhenti tetapi Model 33 ekor konvensional terus diproduksi hingga tahun 1995.

Baca Juga:

Boeing Targetkan Pesawat Berbahan Bakar Berkelanjutan di 2030

Pesawat bermesin tunggal dengan enam tempat duduk ini masih diproduksi oleh Beechcraft. (Foto: Beechcraft)

Pesawat bermesin tunggal dengan enam tempat duduk ini masih diproduksi oleh Beechcraft. Bahkan pesawat ini diproduksi terus menerus lebih lama dibanding pesawat lain produksi Beechcraft.

Model 36 Bonanza yang masih dibuat hingga saat ini adalah varian dengan ekor lurus yang lebih panjang dari desain aslinya. Varian ini diperkenalkan pada tahun 1968 dengan nama Model G36 dan saat ini masih terus produksi.

Pesawat Bonanza G36 dibekali tenaga dari teknologi terbaru dalam kokpit terintegrasi, avionik GARMIN G1000 NXi. Pesawat tersebut memiliki panel kontrol autopilot GMC 707 yang baru.

Sementara untuk Elektronik Garmin GI 275 yang baru, memungkinkan pilot mempertahankan tampilan klasik instrumen sembari memakai layar sentuh kaca yang modern dan ramping. (Ryn)

Baca Juga:

Lampu Jendela Pesawat, Obat Rindu Penerbangan

#Teknologi #Pesawat Jatuh #Pesawat
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan