Spesies Ular Baru Ditemukan, Namanya Diambil dari Karakter Harry Potter! Spesies ular baru diberi nama Salazar yang terinpirasi dari karakter Harry Potter (Foto: IMDb & Global News)

KISAH Harry Potter sudah jadi satu dari bayak cerita legendaris yang pernah ada. Kejeniusan J.K. Rowling dalam menciptakan dunia sihir membuat Harry Potter begitu dicintai oleh banyak orang. Padahal buku dan filmnya sudah tamat bertahun-tahun lalu. Kisah penyihir muda itu memberikan 'bekas' yang selalu diingat, sampai-sampai ada spesies ular baru yang diberi nama berdasarkan karakter dari dunia Harry Potter.

Baca juga:

Waspada Ular Masuk Rumah saat Musim Hujan, Cegah Segera!

Seperti yang dilansir dari laman People, baru-baru ini sebuah tim penelitian National Centre for Biological Science of Bangalore dari India menemukan spesies ular pit vipers baru. Para peneliti menemukannya di hutan Arunachal Pradesh, Timur Laut India.

Namun yang membuat hal ini menarik adalah apa yang tertulis pada hasil publikasi di jurnal Zoosystematics and Evolution, spesies ular baru itu diberi nama Salazar. Nama yang diambil dari karakter Salazar Slytherin dari cerita Harry Potter.

Spesies Ular Baru Ditemukan, Namanya Diambil dari Karakter Harry Potter!
Ditemukan di hutan Arunachal Pradesh (Foto: India Today)

Di dunia Harry Potter, Salazar Slytherin diceritakan sebagai salah satu dari empat pendiri sekolah Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry bersama dengan Godric Gryffindor, Rowena Ravenclaw, dan Helga Hufflepuff.

Salah satu ciri khas dari para penyihir di asrama Slytherin adalah kepintaran dan kecerdikan seperti layaknya ular. Selain itu, Salazar Slytherin juga terkenal karena memiliki kemampuan untuk berbicara dengan ular. Makanya lambang dari asrama Slytherin adalah seekor ular berwarna hijau.

Hal tersebut lah yang membuat para peneliti memutuskan untuk memberi nama Salazar kepada spesies ular baru tersebut. Soalnya seperti yang dilansir dari laman India Today, ular yang ditemukan di Arunachal Pradesh ini mirip sama lambang Salazar Slytherin. Enggak hanya itu, menurut mereka nama ini terdengar catchy dan pastinya akan lebih mudah diingat.

Baca juga:

Usir Bosan #DiRumahAja dengan Sihir Bersama 'Harry Potter At Home'

Spesies Ular Baru Ditemukan, Namanya Diambil dari Karakter Harry Potter!
Di dalam buku, Salazar Slytherin bisa berbicara dengan ular (Foto: Wizarding World)

Pit vipers spesies baru itu sebenarnya masuk dalam genus Trimeresurus. Jadi seharusnya nama resminya adalah Trimeresurus Salazar. Akan tetapi para peneliti ingin agar ular itu dikenal dengan sebutan Salazar saja. Biasanya, genus itu ditemukan di Asia Timur maupun Asia Tenggara dan sampai saat ini sudah ditemukan 50 jenis ular Trimeresurus lho.

Sekilas, Salazar memiliki persamaan dengan ular Trimeresurus pada umumnya yaitu warna hijau cerah di sepanjang tubuhnya. Namun ular ini punya corak garis berwarna oranye di bagian samping kepalanya.

Selain itu, jumlah giginya juga berbeda dengan Trimeresurus lainnya. Setelah dianalisis DNA nya barulah diketahui bahwa Salazar memang merupakan spesies baru.

Sebenernya ini bukan kali pertama para peneliti meminjam nama dari karakter Harry Potter untuk temuannya. Pada tahun 2015, tawon jenis baru diberi nama Dementor. Makhluk penyedot jiwa yang merupakan penjaga Penjara Azkaban di dunianya J.K Rowling ini.

Kemudian setahun setelahnya, ada juga seekor laba-laba yang dinamakan Eriovixia Gryffindori karena bentuknya yang seperti topi penyihirnya Harry dan kawan-kawan dalam film. (sam)

Baca juga:

Toyota Hadirkan 'Sapu Terbang' ala Harry Potter, Intip Kecanggihannya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH