Sains

Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Sebuah Pulau di Inggris

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 16 Juni 2023
Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Sebuah Pulau di Inggris
Dinosaurus baru yang ditemukan di Isle of Wight dinamai 'Vectipelta barretti'. (Twitter/@NHM_London)

SISA-sisa fosil dari jenis dinosaurus yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di sebuah pulau di Inggris bernama Isle of Wight. Ini merupakan spesies dinosaurus berzirah baru yang pertama ditemukan di pulau itu sejak 1865. Dipercaya, dinosaurus ini termasuk keluarga yang sama dengan Ankylosaurus.

Meskipun berpenampilan menakutkan dengan baju zirah seperti pisau, reptil raksasa yang diberi nama Vectipelta barretti itu hanya memakan tumbuhan. Fosilnya ditemukan di bebatuan yang berumur antara 66 juta dan 145 juta tahun.

BACA JUGA:

Fosil Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Inggris

Nama Vectipelta barretti diambil dari nama dari Profesor Paul Barrett yang telah bekerja di Natural History Museum di London, Inggris, selama 20 tahun, demikian diberitakan BBC, Jumat (16/6). Ilmuwan Susie Maidment dari museum yang sama mengatakan Barrett telah memberikan banyak dukungan dalam pekerjaannya sehingga ia merasa tergerak untuk menggunakan nama rekan kerjanya tersebut.

dinosaurus
Meskipun berpenampilan menakutkan dengan baju zirah seperti pisau, reptil raksasa itu hanya memakan tumbuhan. (Foto: Twitter/@NHM_London)

Barrett menanggapi nama tersebut dengan mengatakan ia tersanjung dan sangat senang telah diberi pengakuan dengan cara ini. Ia berkeras bahwa kemiripan fisik apa pun murni kebetulan. Meskipun dinosaurus baru itu memiliki beberapa kesamaan dengan jenis Ankylosaurus terakhir yang ditemukan di pulau tersebut, yaitu Polacanthus foxii, para ilmuwan tidak menganggap kedua spesies itu berkerabat dekat.

Selain memiliki tulang leher, punggung, dan panggul yang berbeda, para ilmuwan mengatakan temuan baru-baru ini memiliki lebih banyak pelindung berduri. Spesies baru tersebut malah memiliki lebih banyak kesamaan dengan Ankylosaurus yang ditemukan di Tiongkok. Hal itu menunjukkan bahwa mereka berpindah secara bebas dari Asia ke Eropa pada periode Cretaceous Awal.

BACA JUGA:

Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London

Peneliti Stuart Pond dari Natural History Museum mengatakan penemuan itu menjelaskan keanekaragaman spesies yang ada di Inggris pada masa tersebut. Ia mengatakan penemuan itu akan memicu analisis ulang sisa-sisa fosil serupa lainnya, yang diasumsikan para ilmuwan sebagai P foxii selama lebih dari satu abad.

dinosaurus

Fosil dinosaurus baru ini ditemukan di bebatuan yang berumur antara 66 juta dan 145 juta tahun. (Foto: Twitter/@NHM_London)

Tim di balik penemuan itu mengatakan situs tempat spesies baru itu ditemukan, yang dikenal sebagai Formasi Wessex, merupakan sumber daya yang sangat penting untuk memahami lebih banyak tentang bagaimana dinosaurus punah. Artikel yang dimuat di Journal of Systematic Palaeontology menyebut ada teori yang bersaing dalam mengungkap apa yang menyebabkan kepunahan massal dinosaurus 66 juta tahun yang lalu, dengan dampak asteroid dan letusan gunung berapi besar-besaran.(aru)

BACA JUGA:

Menerka Rasa Daging Dinosaurus

#Sains #Dinosaurus #Fosil Dinosaurus
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan