Film

‘Soul’, Pengingat untuk Selalu Bersyukur

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 26 Desember 2020
‘Soul’, Pengingat untuk Selalu Bersyukur
Resmi rilis di Disney Plus pada 25 Desember 2020. (Foto: Consequence of Sound)

PARA pelanggan Disney Plus Hotstar pasti senang karena akhirnya, Soul resmi rilis tepat pada Hari Raya Natal di platform tersebut. Film garapan sutradara Pete Docter ini disebut-sebut memiliki nilai kehidupan yang bisa dipetik, salah satunya adalah bersyukur. Tak tanggung-tanggung, beberapa aktor ternama pun turut andil dalam film ini.

Soul merupakan film animasi yang menceritakan tentang Joe Gardner (Jamie Foxx) seorang pianis jazz sekaligus guru musik di sekolah menengah yang punya mimpi besar sebagai musisi. Mimpi tersebut muncul karena ia merasa tidak puas dengan pekerjaannya saat ini.

Suatu ketika, Joe mendapatkan tawaran sebagai guru full time di salah satu sekolah. Sang ibu, Libba (Phylicia Rashad), ingin Joe menerima tawaran itu karena dianggap menjanjikan dan membuat putranya aman secara finansial. Joe pun bimbang untuk memilih tawaran tersebut atau mengejar passion-nya sebagai musisi yang tanpa kejelasan.

Baca juga:

Film Animasi 'Soul' Tayang 25 Desember



Secara kebetulan, teman dan mantan muridnya Curly (Questlove), mengungkapkan bahwa musikus jazz terkenal Dorothea Williams (Angela Bassett) mengadakan audisi terbuka untuk pemain piano di Half Note Club. Joe pun mengikuti audisi tersebut dan berhasil menarik perhatian Dorothea. Ia kemudian mendapat tawaran dari Dorothea saat itu juga.

Saat sedang pergi untuk penampilan pertamanya, Joe tidak sengaja jatuh ke dalam sebuah lubang. Jiwanya terlepas ke Great Beyond, semacam “ruang tunggu” sebelum jiwanya dikirim ke alam baka.

Di sana, ia ditugaskan menjadi mentor untuk sebuah jiwa muda bernama Twenty Two (Tina Fey) yang tidak berminat untuk menjalani kehidupan di dunia. Tidak seperti Joe yang baru saja akan memulai petualangannya, Twenty Two mengaku tak bisa ke bumi karena tidak lulus dala pencarian spark, sebuah percikan atau semangat hidup.

Dalam satu hari, mereka harus memutar otak agar tujuan keduanya bisa tercapai. Di perjalanannya, banyak cerita dan momen yang terbuat di sebuah sudut kecil nan ramai di New York.

Baca juga:

Tayang di Disney Plus, ‘Soul’ Siap Temani Natalmu

‘Soul’ Jadi Pengingat untuk Selalu Bersyukur Tiap Detik
Joe Gardner memiliki mimpi menjadi musisi terkenal. (Foto: CTV News)


Soul rasanya lebih dari sekadar film liburan akhir tahun. Berbeda dengan film Pixar lainnya seperti Coco, Soul memiliki sentuhan khasnya sendiri. Film ini mengajak penontonnya untuk berpikir ulang, sekaligus mampu menyentuh perasaan lewat serangkaian dialog cepat dengan alur yang terus maju.

Tak hanya kualitas visualnya yang cantik, Soul juga berfokus pada budaya orang kulit berwarna dan kedekatannya dengan jazz. Trent Reznor dan Atticus Ross adalah komposer untuk scoring di film ini, sementara Jon Batiste berperan sebagai penulis dan komposer untuk musik jazz yang ditampilkan.

Para pemeran pendukung Soul juga dibintangi oleh Graham Norton, Richard Ayoade, Daveed Diggs, Rachel House, hingga Sam Lavagnino. (and)

Baca juga:

Mantap! Film Coco Bikin Gitar Tradisional Meksiko Laris Manis

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan