Soto Pangandaran Sajian Khas Paling Nikmat dengan Tampilan Pink Soto Pangandaran. (Foto: instagram.com/sotospesialpangandaran)

PANGANDARAN merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Kini pemerintah provinsi tengah mendorong agar kawasan Pantai Pangandara menjadi KEK sektor pariwisata. Pangandaran pun telah siap dengan keunggulan wisata alam, terutama wista pantai.

Selain itu, Pangandaran juga bersiap dari segi wisata kuliner. Sebelum berpisah dari kabupaten induk, Ciamis, kuliner Pangandaran terkenal sebagai sajian Ciamis Selatan.

Salah satu sajian khas dari daerah ini ialah soto Pangandaran. Sajian berkuah ini punya kekhasan dengan rasa yang terkenal sangat cocok di lidah. Kuahnya sangat unik dengan tampilan warna merah jambu (pink). Warna itu didapat dari penggunaan kerupuk yang memang berwarna merah muda.


1. Kuliner Pantai Barat

 Soto Pangandaran. (Foto: instagram.com/sotospesialpangandaran)
Soto Pangandaran disajikan dengan nasi putih. (Foto: instagram.com/lapeeer_)

Kamu bisa menamukan soto Pandandaran di kawasan wisata Pantai Pangandaran, tepatnya di Pantai Barat. Kawasan Pantai Pangandaran memang sangat asyik dijadijan tempat wisata. Di pantai yang terdapat tanjung, kamu bisa menikmati sunset dan sunrise. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dalam satu kawasan.

Selain itu, kamu juga bisa berjalan kaki atau menaiki perahu untuk berwisata ke pantai pasir putih sekaligus kawasan konservasi di ujung tanjung. Kawasan penginapan dan berbelanja tak berjauhan dengan penaataan yang rapi. Di malam hari, kamu bisa berjalan-jalan atau naik sepeda penyewaan. Tentu bisa sekaligus berwisata kuliner.

Menemukan soto Pangandaran di daerah wisata Pantai Pangandaran enggaklah sulit. Seperti halnya jajanan jalanan (street food) seperti bakso, soto ini dijual di gerobak. Abang-abang akan mendorong gerobak soto di sekitaran area wisata.


2. Soto dengan tampilan pink

 Soto Pangandaran. (Foto: instagram.com/dolphinzagoan)
Soto Pangandaran. (Foto: instagram.com/dolphinzagoan)

Soto ini bahkan jadi sajian favorit di kalangan wisatawan. Dalam penyajian tradisional, soto Pangandaran biasa dihidangkan dalam acara-acara hajatan, seperti pernikahan. Kini, soto Pangandaran berkembang sebagai makanan lebih umum, terutama disesuaikan dengan selera para wisatawan.

Soto Pangandaran menggunakan daging ayam kampung. Kuahnya bening dengan rasa yang tak terlalu kuat di lidah. Soto lain biasnya menggunakan emping, makan soto Pangandaran menggunakan kerupuk merah. Penggunaan kerupuk merah ini yang membuat tampilan soto sangat menggugah selera. Ada juga penambahan bihun, seledri, irisan tomat, kacang tanah, dan bawang goreng.

Rasa soto Pangandaran terkenal sangat enak sebagai sajian pinggir pantai. Rasanya tak berlebihan. Biasanya sangat cocok disajikan dengan nasi hangat-hangat.

Kalau kamu berwisata ke Pangandaran, terutama di kawasan Pantai Pandaran, tak lengkap kalau belum berwisata kuliner. Di antara banyak sajian khas untuk para wisata, soto Pangandaran layak kamu masukkan dalam list buruan kamu.(*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sate Galunggung, Si Primadona Pantai Pangandaran

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH