Soto Ayam Lombok, Wisata Kuliner di Malang Paling Legendaris Soto ayam lombok khas Malang (Foto: malangrek.wordpress.com)

MerahPutih Kuliner - Selain tempat wisatanya, Malang juga merupakan salah satu kota yang populer dengan wisata kulinernya. Salah satu makanan khas Malang yang paling populer dan legendaris adalah soto ayam lombok. Mengapa legendaris? Soto ayam lombok ini sudah menjadi legenda di kota Malang, karena sudah ada sejak 57 tahun yang lalu.

Dari penampakannya soto ayam lombok khas Malang ini memang tidak ada bedanya dengan soto ayam biasanya, namun dari segi rasa bisa dipastikan soto ayam lombok ini sangat lezat dan nikmat. Biasanya soto ayam lombok khas Malang ini disajikan dalam keadaan hangat dimana kuahnya sudah tercampur nasi dan bumbu koya.

Mungkin jika mendengar nama lombok (cabai dalam bahasa Jawa), yang ada dibayangan Anda rasanya yang pedas, soto ayam lombok tidak menggunakan lombok sebagai salah satu campuran sotonya selain sebagai sambal. Soto ini dinamakan soto lombok karena awalnya dijajakan di jalan Lombok. Namun jika Anda belum sempat mengunjungi Malang, Anda bisa membuat wisata kuliner di Malang ini di rumah.

Untuk membuat soto ayam lombok yang merupakan salah satu wisata kuliner di malang, Anda perlu mempersiapkan satu ekor ayam yang sudah dipotong-potong, tiga liter air untuk merebus ayam dan satu sendok garam. Sedangkan untuk bumbu halusnya, 10 siung bawang merah, lima siung bawang putih, lima kemiri, tiga cm kunyit, satu sdm ketumbar, 1/2 sdt merica dan sangrai semua bumbu lalu haluskan.

Sementara kuliner di Malang ini dilengkapi dengan bumbu yang dimemarkan terdiri dari tiga cm lengkus, tiga cm jahe, tiga lembar daun jeruk dan dua batang serai. Sebagai pelengkapnya ditambahkan 1/2 kentang tipis yang digoreng renyah, satu butir kelapa sangria yang ditumbuk halus, dua bungkus kecil sun yang direndam, 100 gr taoge, 10 siung bawang merah dan lima bawang putih yang diiris dan digoreng, dua batang daun bawang yang dipotong dan nasi, lontong atau ketupat secukupnya.

Cara membuat kuliner di Malang yakni soto ayam lombok sangat mudah. Rebus ayam sampai matang, tiriskan, goreng hingga kecokelatan dan suwir. Lalu tumis bumbu halus dan bumbu yang dimemarkan tadi sampai matang. Tuang ke rebusan kaldu ayam dan tambahkan garam.

Setelah itu, tata taoge, kentang, sun, ayam suwir, daun bawang dan bawang merah goreng ke mangkuk saji. Lalu tambahkan bawang putih goreng dan kelapa sangria dan siram dengan kuah soto ayam lombok yang panas. Kuliner soto ayam lombok khas Malang ini cocok disantap saat udara dingin untuk menghangatkan perut.

 

Baca Juga:

  1. Resep Dendeng Kecap Favorit Keluarga
  2. Nikmati Telur Selimut Daging Super Lezat
  3. Resep Mi Aceh Si Pedas yang Menggoyang Lidah
  4. Rawon Khas Jawa Timur, Si Hitam yang Menggugah Selera
  5. Soto Bongko Khas Sumedang Menu Spesial di Akhir Pekan

 



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH