Sosok Wanita Cantik, Penunggu Gong Si Bolong

Ana AmaliaAna Amalia - Kamis, 31 Desember 2015
Sosok Wanita Cantik, Penunggu Gong Si Bolong
(Foto: MerahPutih/Noer Ardiansyah)

MerahPutih Budaya - Di balik cerita misteri Gong Si Bolong yang sudah ditemukan sejak tahun 1750, ternyata juga masih menyimpan kisah lainnya. Sosok wanita cantik, yang diduga merupakan penunggu dari gong tersebut, seringkali muncul dan berbincang secara langsung oleh sesepuh Tanah Baru yang menjaga benda bertuah itu.

"Yang menunggu Gong Si Bolong ini adalah wanita yang cantik rupa," jelas Engkong Buang Jayadi di ruang benda pusaka rumahnya, Jalan Tanah Baru, Gang Empang III no. 9, Depok, Rabu (30/12).

Wanita itu, kata Engkong, memiliki nama Nyai Putri Manis Sanggar Buana dan seringkali menampakkan diri di ruang tersebut. "Di sini banyak peralatan wanita, karena itu kesukaannya. Sering juga muncul dan berbicara dengan saya," kata Engkong.

Selain menyukai peralatan wanita seperti sisir, kaca, bedak, dan lain sebagainya. Beberapa bangunan rumah tersebut juga merupakan usulan darinya. "Tidak hanya itu, kusen yang di bawah, lampu, bahkan bangunan rumah di sini, juga dia yang minta. Unsur Betawi yang ia mau. Hidup di zaman dulu, karena itu dia meminta bangunan klasik," tambahnya.

Meski demikian, kehadiran sosok wanita cantik yang ada di rumahnya tidak pernah mengganggu keluarga beserta warga sekitar.

"Dia kan udah lama. Bahkan sebelum kita ada di dunia ini. Kehadirannya tidak mengganggu siapa pun," tutupnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Ritual Perawatan Khusus Gong Si Bolong
  2. Sanggar Kesenian Gong Si Bolong Simpan Benda-Benda Bersejarah
  3. Kisah Mistis di Balik Penemuan Gong Si Bolong Depok

 

#Gong Si Bolong
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan