Sosok KH Ma'ruf Amin Dianggap Sama dengan Umar Wirahadikusumah Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mengungkapkan analogi terkait Cawapres KH Ma'ruf Amin dengan mantan Wapres Umar Wirahadikusumah.

Menurut Dedi yang juga Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 untuk wilayah Jawa Barat itu, baik Kiai Ma'ruf maupun Umar Wirahadikusumah sama-sama 'pituin' atau asli keturunan Sunda.

"Banyak publik yang belum tahu, dan sekarang akan mulai kita 'publish" agar masyarakat mengetahuinya," kata Dedi Mulyadi ketika menerima kunjungan Kiai Ma'ruf Amin di Kabupaten Purwakarta, Jabar, Rabu (3/10).

Ia mengatakan, masyarakat Jawa Barat perlu mengetahui kalau Kiai Ma'ruf Amin "pituin" Sunda, karena itu bisa menjadi pertimbangan warga Jabar untuk menentukan pilihannya pada Pemilu 2019.

Dikatakannya, sudah cukup lama masyarakat Sunda mengalami kerinduan, karena tidak ada orang asli Sunda yang duduk di pucuk pimpinan nasional Indonesia.

KH Ma'ruf Amin
Cawapres KH Ma'ruf Amin (MP/Rizki Fitrianto)

Terakhir, katanya, terdapat nama orang asli Sunda, yakni Umar Wirahadikusumah yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-4. Setelah itu tidak ada lagi.

Menurut Dedi, Calon Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin, sama dengan Umar Wirahadikusumah, bagian dari trah Kerajaan Sumedang, Jawa Barat.

"Kiai Ma'ruf Amin itu keturunan langsung Prabu Geusan Ulun dari Kerajaan Sumedang. Istri Sang Prabu bernama Harisbaya, seorang putri cantik dari Pulau Madura. Karena itu, `pituin' Sunda menjadi pilihan orang Jawa Barat," kata dia.

Dedi Mulyadi sebagaimana dilansir Antara mengatakan, genealogi sejarah merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan dari publik Jawa Barat. Para raja yang pernah memerintah di tanah Jabar umumnya berhasil mengantarkan rakyat menuju kesejahteraan.

Seperti Prabu Sri Baduga Maharaja. Raja Padjadjaran itu ahli di bidang pengairan dan pertanian. Namanya kini abadi menjadi nama sebuah taman air mancur di Purwakarta, yakni Taman Sri Baduga Maharaja.

Selain berasal dari trah ningrat Sunda, Kiai Ma'ruf menurut Dedi juga asli keturunan ulama. Kiai Ma'ruf sendiri juga seorang ulama dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Darah Syaikh Nawawi al-Bantani mengalir dalam tubuh Kiai Ma'ruf. Secara historis, hubungan Jawa Barat dengan ulama bergelar Tuan Para Ulama Hijaz itu sangat dekat.

KH Ma'ruf Amin tercatat berdasarkan silsilah masih keturunan ulama besar Banten sehingga namanya bukanlah sosok yang asing bagi warga Jawa Barat pada umumnya.Selain itu, harapan warga Jabar soal wapres dari tatar Sunda seperti yang pernah terwujud dalam sosok Umar Wirahadikusumah bisa terwujud kembali.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Politisi PKB: Fitnah Ratna Sarumpaet Keji Karena Gunakan Rekayasa Kolektif untuk Hajar Lawan Politik



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH