Sosok Jaksa Satriawan Sulaksono Buronan KPK di Mata Bosnya

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 21 Agustus 2019
Sosok Jaksa Satriawan Sulaksono Buronan KPK di Mata Bosnya
Jabatan Jaksa Satriawan Sulaksono di Kejari Surakarta yang kini menyandang status buronan KPK. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Surakarta, Satriawan Sulaksono resmi menjadi buron setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penerima suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jaksa Satriawan diketahui terlibat dalam membantu Gabriella Yuan Ana, Direktur Utama PT. Manira Arta Mandiri agar bisa memenangi proyek infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta 2019 dengan pagu anggaran senilai Rp10,89 miliar.

Baca Juga: Buronan KPK, Jaksa Satriawan Sulaksono Senin Malam Masih Terlihat di Rumahnya

Kasus ini juga melibatkan Jaksa di Kejaksaan Negeri Yogyakarta sekaligus anggota Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Daerah (TP4D) Eka Safitra, yang kini bersama Gabriella Yuan Ana telah resmi menjadi tahanan KPK.

kejari solo
Gedung Kantor Kejaksaan Negeri Surakarta. (MP/Ismail)

Adapun Jaksa Satriawan sebelum buron masih sempat terlihat di rumahnya Senin malam. Bahkan, mobil dan kendaraan yang biasa digunakan Satriawan di kantor tampak terlihat di parkiran rumah hingga semalam.

Baca Juga: OTT Jaksa Jogja, KPK Segel Rumah Mewah Pasutri di Karanganyar

Lalu bagaimana sosok Jaksa buron KPK itu di kantornya? Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surakarta, Rini Hartatie, sekaligus bosnya, menjelaskan Jaksa Satriawan bertugas di bagian Kasubsi Penyidikan Pidana khusus (Pidsus) di Kejari Surakarta, Jawa Tengah

"Ya benar dia (Satriawan) jaksa di Kejari Surakarta. Dia masuk jaksa muda yang telah lama bekerja di Kejari Solo," kata Rini pada MerahPutih.com, Rabu (21/8).

Menurut Rini, jaksa tersangka suap itu sudah ditempatkan di Kejari Solo sudah tiga tahun. Namun, diakuinya, Satriawan dua hari ini diketahui tidak masuk kerja tanpa keterangan sejak Selasa kemarin. "Data Kejari Satriawan saat ini tidak menangani kasus apapun," ungkap dia.

kajari solo
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surakarta, Rini Hartatie. (MP/Ismail)

Rini pun menyayangkan kasus yang menimpa anak buahnya itu. Ditanya terkait status Satriawan selanjutnya, Rini menyarankan awak media bertanya langsung pada Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor MerahPutih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: KPK Tahan Dirut PT Manira Arta Mandiri dan Jaksa Kejari Yogyakarta

#Ott Kpk
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan